PERANAN KELOMPOK TANI TERHADAP KEBERHASILAN PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI DI DESA MANJAPAI KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Putri Dewi, Jumiati -, Sahlan ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelompok tani padi dalam distribusi pupuk bersubsidi di Desa Manjapai Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 40 orang dari 4 kelompok tani yang ada di Desa Manjapai. Metode pengambilan sampel ataupun informasi ini dilakukan dengan sensus, Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan metode wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani padi terhadap penyaluran pupuk bersubsidi berada pada kategori baik karna di atas rata-rata 1,5. Jdi peran kelompok tani di katakana baik karena kelompok tani yang ada di Desa Manapai Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa melaksanakan peranannya dalam hal penyaluran pupuk bersubsidi, sedangkan penyaluran pupuk bersubsidi di Desa Manjapai di katakana efektif karena memenuhi semua asas 5 tepat yaitu tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu.pada daerah penelitian konsep tersebut sudah berjalan dengan baik, yang berdasarkan dengan konsep RDKK.


Full Text:

PDF

References


Adnyana dan Kariyasa. 2000. Perumusan Kebijaksanaan Harga Gabah dan Pupuk Dalam Era Pasar Bebas. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Badan Litbang Pertanian.

Ajina, Herminus, Natelda R. Timisela, And Ester D. Leatemia. "Dampak Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Terhadap Produksi Dan Pendapatan Petani Padi Sawah Di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat." Jurnal Agrosilvopasture-Tech 2.2 (2023): 288-296.

Anonimus, 2010с. Pedoman Pelaksanaan Pemanfaatan Alokasi Kebutuhan Dan Harga Eceran Tertinggi (Het) Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian http://www.deptan.go.id/.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI, Cetakan ke 13, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta : Rineka Cipta

Ependy, Arif, And Rafeah Abubakar. "Sistem Distribusi Pupuk Bersubsidi Ke Kelompok Tani Di Desa Telang Makmur Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin." Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis 9.2 (2022): 1-16.

Hasibun, Dewi C. 2012. “Peranan Kelompok Tani Terhadap Keberhasilan Penyaluran Pupuk Bersubsidi”. Skripsi pada Fakultas Pertanian Universitas

Sumatera Utara Medan.

Hasibun, Dewi C. 2012. Pedoman Pelaksanaan Pemanfaatan Alokasi Kebutuhan Dan Harga Ecer Tertinggi (HET) Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian://www.deptan.go.id/.

Hasibun, Dewi C. 2012. Revitalisasi Peran Penyuluh Dalam Gerakan Penyusunan Rencana Defeniktif Kebutuhan Kelompok. http://www.sinartani.com/ agripenyuluh/revitalisasi-peran-penyuluhdalam-gerakan-penyusunanrdkk-1269248724.

Mhw, Muh Nurfitrah, And Mohammad Natsir. "Efektivitas Peran Kelompok Tani Padi Dalam Distribusi Pupuk Bersubsidi Di Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang." Jurnal Sains Agribisnis 2.2 (2022): 57-62.

Nasir, SP., MBA. 2010. Pengembangan Dinamika Kelompok Tani. Disertasi. Nasir, M. 2010. Metode Penelitiaan. Jakarta: Erlangga.

Ramlayana, Ramlayana, Muh Isa Ansari, And Sudarmi Sudarmi. "Efektivitas Penyaluran Pupuk Bersubsidi Bagi Petani Padi Di Desa Langi Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone." Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (Kimap) 1.3 (2020): 949-962.

Rigi, Nini, Syahyana Raessi, And Rafnel Azhari. "Analisis Efektivitas Kebijakan Pupuk Bersubsidi Bagi Petani Padi Di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok." Journal Of Socio-Economics On Tropical Agriculture (Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Tropi) (Joseta) 1.3 (2019).

Rohmayani, N. 2016. “Perilaku Petani Padi Dalam Menghadapi Kelangkaan PupukBersubsidi Di Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur”. Skripsi.

Sadjad, S. 2010. Kelompok Tani, Apa Lanjutannya?. http://www.sinartani.com/agriwacana/kelompok-tani-apa-lanjutannya-1234154859.ht

Sari, Linda Ratna, And Aslikhah Aslikhah. "Pengaruh Subsidi Pupuk Terhadap Peningkatan Produksi Dan Pendapatan Petani Di Desa Sudimoro Kabupaten Jombang Dalam Perspektif Fenomenologis." Seminar Nasional Sistem Informasi (Senasif). Vol. 1. 2017.

Soekartawi. 2003. Analisis Usaha tani. Jakarta: UI Press




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v4i2.14877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats