KELAYAKAN USAHA PETERNAKAN KAMBING PERANAKAN ETAWA DI KECAMATAN TURATEA KABUPATEN JENEPONTO (STUDI KASUS TURATEA GOAT FARM DI DESA PARASANGAN BERU KECAMATAN TURATEA KABUPATEN JENEPONTO)

Mifta Fauzia Zahra, Amruddin -, Nadir -

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budidaya serta kelayakan finansial dan non finansial usaha ternak Turatea Goat Farm di Desa Parasangan Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari di Desa Parasangan Beru Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.

Dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yakni suatu teknik penentuan dan pengambilan sampel yang ditentukan oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah NPV dan  B/C ratio.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa budidaya peternakan kambing peranakan etawa Turatea Goat Farm mulai dari pemilihan bibit, reproduksi, pakan, perkandangan hingga penyakit pada kambing sangat di perhatikan dengan baik. Jumlah produksi usaha ternak kambing peranakan etawa Turatea Goat Farm sebesar Rp. 293.500.000,00 dan jumlah pendapatan usaha ternak kambing peranakan etawa Turatea Goat Farm sebesar Rp. 125.900.000,00. Berdasarkan kriteria NVP usaha Turatea Goat Farm mampu menghasilkan Rp 1.666.666 pada periode awal. Karena NVP > 0, maka usaha ini layak untuk dilaksanakan. Sedangkan Net B/C Ratio yaitu 7,03 yang berarti usaha ternak Turatea Goat Farm layak untuk dikembangkan.

Kata Kunci: Usaha Ternak Kambing Peranakan Etawa, pendapatan, Analisis Kelayakan


Full Text:

PDF

References


Finowa’a, R., Giawa, M & Sinaga, N. M. R. 2021. Evaluasi Kelayakan Biaya Produksi Kelapa Sawit (Elaeis Queneensis Jacq) di Ptpn Iii Kebun Sarang Giting, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Propinsi Sumatera Utara. Jurnal Agribizda, 5(1): 81-93.

Maharani, S & Bernard, M. 2018. Analisis Hubungan Resiliensi Matematik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5) : 819-826.

Marhaeniyanto, E., Susanti, S., Siswanto, B & Murti, A. T. 2019. Inventarisasi Pemanfaatan Daun Tanaman sebagai Sumber Protein dalam Pakan Kambing Peranakan Etawah (Studi Kasus di Dusun Prodosumbul, Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang). Journal Of Tropical Animal Production, 20(1): 59-69.

Prihanani, N. I., Ummami, R., Dalimunthe, N. W. Y & Ridl, M. R. 2019. Evaluasi Kualitas Susu Kambing Etawa yang Dikoleksi dari Peternakan Berskala Kecil di Wilayah Samigaluh, Kulon Progo. Jurnal Nasional Teknologi Terapan, 3 (1) : 25-32.

Samsugi, S., Neneng & Bobi. 2018. Kendali dan Otomatisasi Si Parmin (Studi Kasus Peternak Desa Galih Lunik Lampung Selatan). Seminar Nasional Teknologi : 511-517.




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v3i2.10418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats