ANALISIS NILAI KEPENDIDIKAN DALAM FILM AKEELAH AND THE BEE KARYA DOUG ATCHISON

Meri Anggriani

Abstract


ABSTRAK

Karya sastra merupakan kegiatan kreatif, imajinatif, dan artistik. Sastra merupakan bagian dari kebudayaan. Bila dikaji kebudayaan, kita tidak dapat melihatnya sebagai suatu yang statis yang tidak perna berubah, tetapi merupakan yang dinamis yang selalu berubah. Setiap tindakan dan keinginan suatu pelaku haruslah mempunyai alasan yang dapat diterima. Sebagaimana dalam film Akeelah And The Bee, seluruh pelaku/ tokoh atau pemeran pada film ini selalu mencerminkan nilai kependidikan yang dapat diterima oleh penonton secara umum. Sehingga sangat baik dilakukan suatu analisis nilai kependidikan di dalamnya. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kependidikan yang terdapat dalam Akeelah And The Bee karya Doug Atchison. Penelitian ini adalahDescripsion Research. Sumber data pada penelitian ini adalah keseluruhan isi cerita dalam Akeelah And The Bee karya Doug Atchisonyang menyangkut nilai kependidikan yaitumoral, dan motivasi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan data yang termasuk nilai kependidikan misalnya pendidikan moral, agama, dan motivasi. Analisis secara Descriptive Qualitative. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini yaitu adanya deskrpsi yang jelas mengenai pesan dan nilai kependidikan dalam film Akeelah And The Bee Karya Doug Atchison terhadap pengembangan dan pembinaan bahasa Inggris berbudaya dalam pembentukan karakter anak bangsa melalui suatu media elektronik.

 

Kata Kunci: Film Akeelah And The Bee, nilai kependidikan, Sastra


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adhar, Al-Fisah. 1997. Penokohan dalam Novel Harimau Harimau Karya Mukhtar Lubis.Skripsi. Ujung Pandang: Universitas muhammadiyah Makassar.

Arifin, Muhammad. 2006. Dakwah Multi Media. Surabaya: Graha Media. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Elvinaro, Ardianto dkk.2004. Komunikasi Massa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyanto, Burhan. 2000. Teoori Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Rismawati., dkk. 2013. Tinjauan Sosiolinguistik Diglosia; Interferensi Bahasa Alay Terhadap Konstelasi Pembinaan dan Pengembanagan Bahasa Indonesia.Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarjo, Joko. 1984. Memahami Kesusastraan. Bandung : Alumni. Tarigan, Guntur. 1985. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa

Wellek, Rene dan Were, Austin. 1990. Teori Kesusatraan (Terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.