PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN KOMP. IKIP 1 MAKASSAR ANTARA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DENGAN KTSP

Muh Yusuf Abdullah, Nurhasanah Nurhasanah, Ninin Arsini, Marsaliha Marsaliha, Musdalifah Musdalifah

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan merupakan  hal yang sangat penting sebagai salah satu pembentuk karakter bangsa yang melibatkan dua pihak yaitu guru dan siswa dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan hasil belajar. Hal ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan tergantung proses belajar mengajar yang dialami oleh siswa. Kurikulum merupakan alat yang krusial dalam merealisasikan program pendidikan, baik formal maupun non formal. Pemerintah telah berupaya menyempurnakan sistem pendidikan nasional dengan pembaharuan kurikulum yang merubah tataran paradigma pembelajaran. Namun bertitik tolak dari hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti prestasi belajar siswa kelas V SDN Kompleks IKIP 1 Makassar antara yang menggunakan kurikulum 2013 dengan KTSP. Metode yang digunakan adalah ex post facto menggunakan pendekatan kuatitatif dengan objek penelitian siswa kelas V SDN Kompleks IKIP 1 Makassar tahun ajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel non acak (non random sampling) untuk menentukan sampel dari penelitian ini. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil statistika deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan hampir sama.  

Kata kunci : Prestasi Belajar, Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar, Kurikulum 2013,  KTSP.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Admin. 2012. Metode Deskriptif. http://idtesis.com. Diunduh 07 Maret 2015, 10:58.

Ansyar, Mohammad. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Anwar. 2013. Definisi Variabel Penelitian. http://www.lintasjari.com. Diunduh 07 Maret 2015, 12:46.

Badan Standarisasi Nasional Pendidikan. 2006. Pendidikan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan-Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Haryanto, 2013. Metode Pengumpulan Data. http://belajarpsikologi.com. Diunduh 07 Maret 2015, 13:22.

Jainuri, M. 2015. Statistik Parametrik: Teknik Analisis Komparasi. https://www.academia.edu. Diunduh 07 Maret 2015, 16:34.

Karli, H. 2014. Perbedaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 untuk Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur. 13 (22): 87.

Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kurnia, Maya. 2012. Pengertian Prestasi Belajar. http://eprints.uny.ac.id. Diunduh 25 Februari 2015, 15:02.

Kwartolo, Y. 2007. Mengimplementasikan KTSP dengan Pembelajaran Partisipatif dan Tematik Menuju Sukacita dalam Belajar (Joy in Learning). Jurnal Pendidikan Penabur. 6 (09): 68-69.

Molle, Erick Julian. 2014. Apa itu Kurikulum 2013. http://www.gubuginformasi.com. Diunduh 25 Februari 2015, 08:44.

Mulyasa, Enco. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadhiroh, M. 2011. Metodologi Penelitian: Jenis Penelitian Kuantitatif. http://eprints.walisongo.ac.id. Diunduh 07 Maret 2015, 14:43.

Muslikh, B. 2012. Metode Penelitian. http://eprints.uny.ac.id. Diunduh 07 Maret 2015, 13:39.

Padmono, Y. 2010. Evaluasi Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan. 11 (01): 52-53.

Panji. 2014. Tujuan dan Alasan Pengembangan Kurikulum 2013. http://www.edubio.info. Diunduh 22 Februari 2015, 20:03.

Purnama, I. 2014. Objek dan Metode Penelitian. http://repository.widyatama.ac.id. Diunduh 07 Maret 2015, 16:05.

Raharjo, Sahid. 2013. Teori Sampel dan Sampling Penelitian. http://www.konsistensi.com. Diunduh 07 Maret 2015, 12:15.

Raharjo, Sahid. 2013. Wawancara Sebagai Metode Pengumpulan. http://www.konsistensi.com. Diunduh 07 Maret 2015, 13:44.

Rauf A. S. 2009. Deskripsi hambatan Guru dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di SMU Negeri 4 Watampone.Universitas Negeri Makassar.

Rulam. 2013. Makalah Peran, Fungsi dan Karakter Guru Profesional. http://www.infodiknas.com. Diunduh 19 Februari 2015, 17:53.

Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta: Kencana.

Sariono. 2013. Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas. Jurnal Dinas Pendidikan. 3 (-): 1-2.

Sukandar, E. 2013. Metode Penelitian: Populasi. http://eprints.undip.ac.id. Diunduh 07 Maret 2015, 12:32.

Sukmara, Dian. 2007. Implementasi Life Skill dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Melalui Model Manajemen Potensial Qodrati. Bandung: Cv Mughni Sejahtera.

Supangat, Yuni. 2013. Karakteristik dan Tujuan Kurikulum 2013. https://sites.google.com. Diunduh 22 Februari 2015, 19:14.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahidin, Nanang. 2014. Makalah Telaah Kurikulum Telaah Kritis. http://www.nanangwahidin.com. Diunduh 21 Februari 2015, 10:04.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i2.746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats