PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN MELALUI METODE TAJWID CARD PADA SANTRI TK/TPA NURUL IMAN JALAN RAPPOKALLING KELURAHAN TAMMUA KEC. TALLO.

Kasmira Kasmira, Ainun Jariyah, Melinda Melinda, Maya Reski Tasman

Abstract


ABSTRAK

Kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sedangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bergantung pada kualitas pendidikanTajwid adalah membaca Alquran dengan tartil dan terang, teratur dan tidak terburu-buru serta mengenai tempat-tempat waqaf sesuai aturan-aturan tajwid. Tajwid berfungsi untuk memelihara bacaan Alquran dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan dari kesalahan membacanya. Untuk memaksimalkan pencapaian hasil belajar pesera didik, maka dari itulah kami memilih strategi pengembangan  media tajwid card.  Dalam penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (classroomaction research) yang meliputi perencanaan tindakan berulang yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang direncanakan dalam dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis kuantitatif digunakan statistik deskriptif yaitu rata-rata dan persentase, tabel frekuensi, persentase nilai terendah dan tertinggi. analisis kualitatif yang digunakan adalah kategorisasi skor skala 5. Media tajwid card ini dipilih karena merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek sehingga  cara membaca Alquran santri sesuai dengan kaidah baca yang sebenarnya.

Kata Kunci : Alquran, Tajwid Card, TK/TPA Nurul Iman.

 

ABSTRACT

 

The progress of a nation is largely determined by the quality of the human resources (HR), while the quality of the human resources (HR) depends on the quality of education. Reading Qur'an should be read appropriate with the rules of tajwid. Tajwid is reading the Holy Quran with tartil and light, regular and not rush as well as about places waqaf according the rules of tajwid. Recitation function for keeping the Qur'anic recitation of errors and changes as well as keeping the verbal error-read it. To maximize the achievement of learning outcomes participant educates, then from that we chose a strategy of media development tajwid card. In this study using a Research Action class (classroomaction research) which includes the recurring action planning i.e., planning, implementation, observation and reflection which is planned in two


cycles. The data collected is analyzed using quantitative and qualitative analysis techniques. For quantitative analysis used descriptive statistics, namely average and percentage frequency tables, percentage, the lowest value and the highest. qualitative analysis used is the categorization scale score 5. Tajwid media card was chosen because it is the collaborative activities that could be used to teach concepts, classification properties, facts about an object so how to read the Koran students in accordance with the rules of the actual reading.

 

Key Words : Al-Quran, Tajwid Card, TK/TPA Nurul Iman.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Khursid. 1978. Alquran. Jakarta. Srigunting.

Asy’ari, Abdullah. 1987. Pelajaran Tajwid. Surabaya. Apollo Lestari.

Daulay, Haidar Putra dan Pasa, Nurgaya. 2013. Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah. Jakarta. Kencana.

Fudlali, Andi. 1994. Pengantar Ilmu Tafsir. Bandung. Angkasa.

Iqbal, Mashuri Sirojuddin. 1994. Pengantar Ilmu Tafsir. Bandung. Angkasa.

Khadijatus Shalihah M. A. 1983. Perkembangan Seni Baca Alquran dan Qiraat Tujuh di Indonesia. Jakarta. Pustaka Al-Husna.

Lubis, M. Arsyad Thalib. 1967. Disekitar Nuzulul quran dan Hari-hari Peringatan Islam. Medan. Islamiyah.

Masyfuk, Zuhdi. 1980. Pengantar Ulumul Quran. Surabaya. Bina Ilmu.

Umar, Bukhari. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Amzah.

Wahid, Ramli Abduh, haji. 2002. Ulumul Quran. Jakarta. RajaGrafindo Persada.

______. 2010. Proposal PTK Pendidikan Al-Quran. https://aserani.files.wordpress.com/2010/01/proposal-ptk-pendidikan-al- quran-revisi-3.pdf. Diakses pada tanggal 12 Februari 2015 pukul 14.10 WITA.

______.http://d1.islamhouse.com/data/id/ih_articles/single2/id_Keutamaan_Membaca_al_Quran.pdf. Diakses pada tanggal 15 Februari 2015 pukul 15.20 WITA.

______.http://d1.islamhouse.com/data/id/ih_articles/single2/id_Keutamaan_Membaca_al_Quran.pdf. Diakses pada tanggal 15 Februari 2015 pukul 15.30 WITA.

______.http://www.anuar2u.com/tajwid.htm. Diakses pada tanggal 10 Februari 1015 pukul 10.15 WITA.

______.http://rehal.org/tajwid/. Diakses pada tanggal 20 Februari 2015 pukul

16 WITA

______.http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PAI%20-%205%20Al-Quran.pdf. Diakses pada tanggal 16 Februari 2015 pukul 20.10 WITA.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i2.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats