PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Team Assisted Individualization) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR

Nurul Qaidah Alfad

Abstract


ABSTRAK

Proses belajar mengajar akan berhasil bila hasilnya mampu membawa perubahan dalam diri anak didik.   Namun realitas, guru masih menggunakan paradigma lama, guru memposisikan diri sebagai sumber pengetahuan (teacher oriented) dan siswa sebagai penyerap pengetahuan. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SMA  Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas dan cukup berhasil diterapkan dalam kelas.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe TAI (Team Assited Individualization), Hasil Belajar Siswa.

ABSTRACT

Teaching and learning process will succeed if the result is able to bring change in  within the students.  But the reality, teachers still use the old paradigm,  They are position themselves as a source of knowledge (teacher oriented) and students as absorber of knowledge. This research is descriptive quantitative. its purpose is understandig how cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization) in SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar and understanding whether influence of cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization) to student learning outcomes in the subjects of Indonesian Class X in SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. The results showed that Cooperative Learning Model Type TAI (Team Assisted Individualization) Is a learning model which students be active in the classroom and quite successful applied in class.


Keywords : Cooperative Learning Model, Type TAI (Team Assited individualization), Students Learning Outcomes



Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Isjoni, 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Putra Sahid. 2013. Skripsi Syahidon. (Online) http://syahidputratmj.com Diaskes Rabu, 6 Mei 2015 Pukul 17:36 WITA).

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Jakarta: Alfabeta.

Suprijono, Agus, 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ucicha Izuna. 2015. Proposal matematika kooperatif tipe team assisted individualization tai. (Online)http://www.academia.edu i(Diakses Jumat, 8 Mei 2015 Pukul 20:11 WITA)

Wdodo, Urip. 2013.. Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas x Pada Mata Pelajaran Membaca Gambar Sketsa Di Smk Negeri 2 Klaten

Effendi, Leo Adhar. "Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP." Jurnal Penelitian Pendidikan 13.2 (2012).

Muldayanti, NURI DEWI. "Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2.1 (2013).

Purwanto, Rudy, and S. Si. "Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada Kompetensi sistem koordinasi melalui metode

Pembelajaran teaching game team terhadap siswa kelas xi Ipa sma smart ekselensia indonesia tahun ajaran 2010-2011." Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa edisi I (2011): 1-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.