SEA WATER FILTER WITH CIRCLE METHOD UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI GARAM BERYODIUM MENUJU PENCAPAIAN SWASEMBADA GARAM NASIONAL YANG BERKELANJUTAN

Hajra Yansa, Desi Hadi Sandi, Nur Indah Umra

Abstract


Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 merupakan realisasi pasar bebas di Asia Tenggara yang telah dilakukan secara bertahap mulai KTT ASEAN di Singapura pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) untuk meningkatkan stabilitas  perekonomian di kawasan ASEAN, serta diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi antar negara ASEAN. Konsekuensi atas kesepakatan MEA tersebut berupa aliran bebas barang bagi negara-negara ASEAN, dampak arus bebas jasa, dampak arus bebas investasi, dampak arus tenaga kerja terampil, dan dampak arus bebas modal. Hal-hal tersebut tentunya dapat berakibat positif atau negative bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu dari sisi pemerintah juga dilakukan strategi dan langkah-langkah agar Indonesia siap dan dapat memanfaatkan momentum MEA. Indonesia harus memiliki sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya dalam hal ini garam. Oleh karena itu, penulis mengajukan konsep sea water filter with circle method untuk mewujudkan swasembada garam nasional yang berkelanjutan sesuai dengan kebijakan pemerintah yang akan menaikkan kualitas dan kuantitas produksi garam di tahun 2015. Sea water filter with circle merupakan teknologi sederhana untuk menghilangkan endapan kotoran pada air laut tanpa menghilangkan kandungan garamnya (NaCL). Prinsip dasar dari proses pembuatan garam yang dilakukan adalah menghasilkan garam yang kualitasnya lebih baik. Selain itu, metode yang di guanakan yaitu membuat saluran berbentuk lingkaran dengan tujuan mempercepat proses penguapan air laut sehingga saat tiba dipetak penampungan sudah mencapai (20 Be°). Sea water filter with circle method memberikan manfaat baik dari aspek peningkatan perekonomian, aspek industry, kandungan yodium, aspek lahan pertanian garam dan tentunya untuk mewujudkan swasembada garam nasional berkelanjutan. 

Kata Kunci: Garam Beryodium, Sea Water Filter

Full Text:

PDF

References


Amanda. 2014. Definisi Filter. http://www.scribd.com. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2014.

Andini. 2014. Sumber Pengetahuan Sehat. http://kb.123sehat.com/mineral/yodium/. Diakses 22 Oktober 2014.

Apriando, Tommy. 2014. Target 2015 Bebas Impor, Pemerintah Harus Berpihak Pada Petambak Garam. http://www.mongabay.co.id. Diakses 23 Oktober 2014.

BPPP TEGAL. 2014. Pembuatan Garam Rakyat dengan Teknologi Geomenbran. http://www.bpptegal.com Diakses 22 Oktober 2014.

Chairunnisa. 2011. Pengaruh Penggunaan Garam Beryodium Terhadap Status Gizi Balita Pendek di Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2010. Skripsi S1: STIMIK Husada Borneo Banjar Baru.

Departemen Kesehatan RI (2000) Pedoman Pelaksanaan Pemantauan Garam Beryo dium di Tingkat Masyarakat. Jakarta: Depkes.

Fadila, Ihda. 2014. Swasembada Garam:KKP Cari Investor Garap Lahan Nganggur di Banyuwangi. www.tempo.com. Diakses pada 27 Oktober 2014.

Godam. 2014. Pengertian Laut. http://www.organisasi.org . Diakses 27 Oktober 2014.

Heriyanto. 2013. PNPM KP PUGAR (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Kelautan dan Perikanan Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat) di Desa Asempapan Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun 2011-2012. Skripsi. Urusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Huda Nailul. 2013. Analisis Industri Garam Lokal di Kabupaten Rembang (Pendekatan Structure Conduct Performance). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

JPNN. 2014. Pasang Target Tahun 2017 Capai Swasembada Garam. http://www.jpnn.com/. Diakses 27 Maret 2015.

Mittiatur, Edma. Teknik Penyaringan (Filtrasi) dengan Tekanan. Makalah. Jurusan Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman.

Octa. 2010. Definisi Garam, http://klikbelajar.com . Diakses Pada 27 Oktober 2014

Sumarman. 2006. Kajian Kompensasi Air Baku Untuk Air Bersih dari Pemerintah Kota Cirebon ke Pemerintah Kabupaten Kuningan. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats