MOVING SCHOOL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK JALANAN SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN EFA (EDUCATION FOR ALL) DI KOTA MAKASSAR

Irianti Irianti, Anisa Aah Marfuah, Haslinda Haslinda

Abstract


Fenomena merebaknya anak jalanan di Indonesia merupakan persoalan sosial yang kompleks. Hidup menjadi anak jalanan memang bukan merupakan pilihan yang menyenangkan. Permasalahan anak jalanan menjadi permasalahan serius di kota-kota metropolitan, seperti Makassar. Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kibar, Muhammad Yunus mengemukakan bahwa pada tahun 2011 dari 12 ribu anak yang putus sekolah, Jumlah anak yang putus sekolah di Kota Makassar mencapai 7.000 anak atau 60 persen. Berdasarkan data Dinas Sosial Kota Makassar, sekitar 5.000 anak berprofesi sebagai pemulung, pengemis jalanan, dan penjual koran. Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 anak jalanan adalah anak yang menggunakan sebagian besar waktunya di jalanan. Sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam upaya pembinaan anak jalanan di Kota Makassar, maka dikeluarkan Perda Kota Makassar Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Pengemis, dan Pengamen di Kota Makassar.  Berdasarkan peraturan pemerintah tersebut, maka dinilai perlunya aksi nyata dalam mengatasi permasalahan pendidikan untuk anak jalanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membahas tentang konsep Moving School berbasis pendidikan karakter pada anak jalanan upaya mewujudkan EFA (Education For All) di Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu yaitu penelitian pustaka (library Research). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data sekunder yang berhubungan dengan rumusan masalah yang diperoleh dari berbagai referensi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Moving School berbasis pendidikan karakter pada anak jalanan sebagai upaya mewujudkan EFA (Education For All) di Kota Makassar merupakan konsep sekolah yang dirancang dalam bus. Bus yang dimodifikasi layaknya ruangan kelas seperti sekolah pada umumnya. Moving School tersebut nantinya akan berpindah-pindah dari beberapa titik area yang menjadi tempat anak jalanan beroperasi. Moving School tersebut diharapkan menjadi sebuah fasilitas ataupun wadah bagi anak jalanan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar serta tetap memperoleh pendidikan layaknya pada sekolah formal, sehingga dapat mewujudkan EFA (Education For All) di Kota Makassar.

 

Kata Kunci : Anak Jalanan, EFA (Education For All), Moving School, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Mattulada. (1998). Kebudayaan, Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup. Makassar: Hasanuddin University Press.

Nurhidayat. (2016). Peran Lembaga Perlindungan Anak Sulawesi Selatan Terhadap Pemberdayaan Anak Jalanan Di Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Makassar, Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i1.1368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats