PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BAJENG

Sitti Hajar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Bajeng melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan tindakan melalui beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 6 di SMA Negeri 1 Bajeng yang terdiri dari 34 peserta didik, dengan komposisi 26 perempuan dan 8 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif fisika yang telah divalidasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Bajeng pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari persentase skor pada siklus 1 adalah  52,4% dengan kategori cukup menjadi 61% dengan kategori baik pada siklus II. Adapun hasil analisis untuk setiap indikator kemampuan berpikir kreatif fisika menunjukkan bahwa indikator yang paling menonjol adalah menemukan sebab-sebab dengan rata-rata persentasenya yaitu 62,35% untuk siklus I dan sebanyak 74% untuk siklus II dan indikator yang paling rendah adalah menanyakan (bertanya) rata-rata persentase yaitu 29,4% untuk siklus I dan 45,9% untuk siklus II, namun secara keseluruhan capaian indikator berpikir kreatif peserta didik tetap mengalami penigkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Bajeng melalui penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fisika mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci :Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan Saintifik, Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


Komariah, K. (2011). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. (Prosiding, Universitas Negeri Yogyakarta, 2011). Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/id/ eprint/7372.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i1.1364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats