PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM MENGEMBANGKAN USAHA TIRAI BAMBU UNTUK MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015

Hasrullah Hasrullah, Darwis Darwis

Abstract


Tirai bambu merupakan usaha kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu dan tali. Usaha tirai bambu ini cukup terkenal di Negara Jepang, China, dan Indonesia. Strategi yang akan dijalankan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur pada pemuda serta agenda apa yang akan ditempuh dalam mengoptimalkan kegiatan didalam memberdayakan pemuda melalui usaha tirai bambu yang dapat mendukung perkembangan perekonomian masyarakat dengan tataran tinjauan teoritis: meningkatkan sumber daya manusia, membentuk lembaga kewirausahaan, dan menyediakan fasilitas produksi. Dalam pengimplementasiannya dibutuhkan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tahap evaluasi.

Kata Kunci: Pemuda, Tirai Bamboo, Entrepreneur, Asean Economic Community 2015


Full Text:

PDF

References


BPS. 2014. Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2014. www.bps.go.id. Diakses tanggal 06 November 2014.

Febiyanto, Aditya Artha. 2013. Persiapan Indonesia dalam Menarik Impestasi Asing Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Skripsi. Universitas Jember.

Hartono, Wendra. 2014. Apakah Entrepreneurs Indonesia dapat Bersaing di AEC 2015?: Potensi Ekonomi Indonesia. Prosiding Seminar Nasional & call For Paper. Universitas Kristen Maranatha.

Sari, Maya. 2014. Enterpreneur terhadap Kinerja UKM di Kota Medan.Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Vol 14 No.1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sukawi, 2010.Bambu sebagai Alternative Bahan bangunan dan Kontruksi di Daerah Rawan Gempa. Jurnal Teras Volume X Nomor 1. Universitas Diponegoro Semarang.

Zarkasyi, M.R. 2013. Entrepreneur Radikal Catatan Inspiratif dan Solusi-solusi Taktis Mengatasi Tahapan-tahapan Kritis dalam Bisnis. Jakarta: Renebook.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v1i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats