IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KARAKTER BANGSA

Irwanto Irwanto, Aspilayani Aspilayani, Wahyuddin Wahyuddin

Abstract


Persoalan budaya dan karakter bangsa merupakan isu yang mengemuka di masyarakat saat ini. Korupsi, tindak anasusila, kekerasan, perkelahian massa, pelanggaran hak asasi manusia, pencurian, pembunuhan, kehidupan ekonomi yang konsumtif serta kehidupan politik yang tidak produktif adalah sebagian kecil dari kasus terkait moralitas bangsa. Pendidikan merupakan salah satu alternatif yang bersifat preventif dalam rangka mengembangkan kualitas generasi muda bangsa sehingga diharapkan dapat mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa. Prinsip pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa mengusahakan agar peserta didik mengenal dan menerima budaya dan karakter bangsa sebagai milik mereka. Oleh karena itu, seyogyanya media pembelajaran pun dapat disesuaikan dengan jatidiri dan budaya bangsa. Salah satunya melalui permainan tradisional yang terdapat pada setiap daerah.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Tradisional, Pendidikan dan Karakter Bangsa.


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1997. Pembinaan Nilai-nilai Budaya Melalui Permainan Rakyat di Daerah Jambi. Jambi: Lazuardi Indah Jambi.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. 2006. Laporan Pelaksanaan Tugas Panja Penegakan Hukum dan Pemerintahan Daerah

Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, & Kustiawan, U. 2001. Media pembelajaran: Bahan sajian program pendidikan akta mengajar. FIP UM.

Kurniati, Euis, Yustiana, Y. Reksa. 2006. Implementasi model bimbingan berbasis permainan di sekolah dasar. Bandung

Komnas Perlindungan anak. 2010. Catatan Akhir Tahun 2010.

Misbach, Ifah H. 2007. Peran permainan tradisional yang bermuatan edukatif dalam menyumbang pembentukan karakter dan identitas bangsa. Bandung

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan konseptual media pembelajaran makalah. Disajikan dalam workshop media pembelajaran bagi guru-guru SMA Negeri banjar angkan. 10 januari 2007. Banjar Angkan Klungkung.

Sukirman, dkk., 2004. Permainan Tradisional Jawa. Kepel Press: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v1i1.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats