PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII-6 SMP NEGERI 12 MAKASSAR

ANDI NURMIATI

Abstract


 

Jenis penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis karangan eksposisi  dengan menggunakan strategi picture and picture siswa  kelas VIII-6 SMP Negeri 12 Makassar.  Data penelitian ini adalah penilaian guru dan penilaian siswa dalam menilai kemampuan menulis karangan eksposisi pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia  1 orang dan siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 26 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data, yaitu: observasi, dokumentasi, dan penugasan. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan  teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan eksposisi mengalami peningkatan, baik dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Proses pembelajaran menulis siklus I  kurang memuaskan dan suasana kelas kurang kondusif. Guru belum melaksanakan kegiataan pembelajaraan secara maksimal, sehingga masih terdapat siswa yang sulit menuangkan ide atau gagasan dalam menulis karangan eksposisi. Proses pembelajaran siklus II lebih efektif dan memuaskan setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis dengan baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada proses aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pada siklus II siswa lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran, saling bekerja sama dalam kelompok, serta tidak sulit ketika menuangkan ide atau gagasan dalam menulis karangan eksposisi. Nilai hasil pembelajaran menulis karangan eksposisi secara umum meningkat. Peningkatan itu terlihat dari nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 66,03, sedangkan nilai pada siklus II sebesar 79,96 dengan persentase peningkatan 13,93%. Semua aspek penilaian tergolong sangat kurang pada siklus I dan meningkat ke kategori baik pada siklus II.

 

Kata Kunci: Eksposisi dan Picture and Picture

This research was a classroom action research. This study aimed to describe the increase in process and outcomes of learning to write essays exposition by using strategic picture and picture - 6 eighth grade students of SMP Negeri 12 Makassar . The data of this study was the evaluation and assessment of teachers in assessing students' ability to write exposition essay on the learning process and learning outcomes . The data source of this study was 1 Indonesian teachers and students of class VIII - 6 , amounting to 26 people . The techniques used to collect the data , namely : observation , documentation , and assignments . The data were analyzed with the qualitative descriptive techniques while learning outcome data were analyzed with descriptive quantitative techniques . The results showed that learning to write essays exposition has increased , both in the learning process and learning outcomes . The process of learning to write the first cycle is less satisfying and less conducive classroom atmosphere. Second cycle, learning process more effective and satisfactory after the repair of the problem of cycle I. In the second cycle , the teacher  was conducting learning to write well . It also affected the activity of students in the learning process . In the second cycle students were more enthusiastic and motivated to follow the learning , work together in groups , and it was not difficult when ideas or ideas in essay writing exposition . Value exposition essay writing learning outcomes in general increased . The increase was seen from the average value of students as a whole in the first cycle was 66.03 , while the value of the second cycle of 79.96 with a percentage increase of 13.93 % . All aspects of the assessment were relatively very less in the first cycle and increases to both categories in the second cycle .

Keywords : Exposition and Picture and Picture

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. (Eds.). 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Alwi, Hasan. 2001. Paragraf. Jakarta: Pusat Bahasa.

Ambo Enre, Fachruddin dkk. 1985. Bahasa Indonesia. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Ambo Enre, Fachruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Opset.

Latuheru, J.D., 1993. Media Pembelajaran. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Natia, I.K. 1994. Bimbingan Mengarang. Surabaya: Arkola.

Nursisto. 2000. Penuntun Mengarang. Jakarta: Adi Cita.

Ruwin, Joko dan Sutjarso A.S., 1996. Bahasa Indonesia. Makassar: FKIP Unismuh.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The Liang Gie. 1992. Pengantar Dunia Karang-Mengarang: Balai Bimbingan Mengarang. Yogyakarta: Liberty.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v1i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.