Efektivitas Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III

ernawati ernawati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental yang melibatkan satu kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan alagt peraga pada murid kelas III SD Negeri 178 Tanalle Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 28 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional dari 28 murid terdapat 24 orang murid yang berada pada kategori tidak tuntas dengan presentase 85%,dan 4 orang murid yang berada pada kategori tuntas dengan presentase 15%. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 38,75 sedangkan pada pembelajaran dengan menggunakan alat peraga terdapat 7 orang murid yang berada pada kategori tidak tuntas dengan presentase 25%, dan 21 orang murid yang berada pada kategori tuntas dengan presentase 75%. Ini berarti ketuntasan belajar memuaskan secara klasikal karena nilai rata-rata 78 telah mencapai KKM yang diharapkan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga matematika terhadap hasil belajar murid kelas III SD Negeri 178 Tanalle Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng mengalami peningkatan .


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta; PT. Rineka Cipta

Arsyad, 2011.Media Pembelajaran, Jakarta; Rajawali Pers

Asyar,Rayandar. 2012.Kreatif Mengenbangkan Media Pembelajaran.Jakarta; Gaung Pers

Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bundu, Patta. 2012. Asesmen Pembelajaran. Padang; Hayfa Press

Djamarah, 2010. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta; Rineka Cipta.

kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 1999/2000.

Febri,Yoyok.2012, “Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa KelasIV Materi Bangun Ruang”,vol 1 ,dalam“file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/232-604-1-PB-1.pdf, diunduh pada 28 agustus 2017

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Rineka Cipta

Moedjiono, 2012.belajar dan pembelajaran.Jakarta; Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar isi

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41Tahun 2007 tentang Standar Isi

Sadiman, 2011.Media Pendidikan Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta; PT Graha Grafindo Persada

Soedjaji, 2000.Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi keadaan masa

Sudjana, Nana. 2001. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ernawati ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.