Pengujian Efektivitas dan Efesiensi Sistem Informasi Berbasis Web dan Penggunaan Aplikasi Excel

Syahbudin Syahbudin, kafriansyah kafriansyah

Abstract


Penelitian ini berfokus pada menguji penggunaan sistem informasi berbasis website dan penggunaan aplikasi berbasis excel. Aplikasi yang diuji adalah aplikasi Pelaporan Penerimaan atau Rujukan Pajak Bukan Nikah (PNBP-NR). Dalam melakukan penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah evaluatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data perangkat lunak, data laporan, format laporan, alur proses pencatatan dan pelaporan PNBP-NR. Data efisiensi dan efektivitas diperoleh dari pengamatan keberhasilan dan waktu tugas yang diberikan kepada pengguna. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunaan sistem informasi berbasis website memiliki tingkat efisiensi dan efektifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi desktop

Keywords


sistem informasi, pengujian efektivitas, pengujian efisiensi

Full Text:

PDF

References


Yakub, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012

Hoiriyah, Sri Herawati. "Sistem Informasi Kantor Urusan Agama (Kua) Socah Bangkalan." vol 2 no. 1, (2017).

Jimsan, M. Qomaruddin dan Mustafa. "Sistem Informasi Manajemen Data Pernikahan Pada Kantor Urusan Agama ( KUA ) Bonegunu." Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), vol. 2 no.1, (2017). http://repository.unissula.ac.id/9898/. (Diakses 28 Februari 2021)

W3C, 2010. Mobile Web Application Best Practices (http://www.w3.org/TR/2010/REC-mwabp-20101214/). 2010.

Pranata, Dana, dkk. "Rancang Bangun Website Jurnal Ilmiah Bidang Komputer (Studi Kasus : Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman)." Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 10 no. 2. (2015).

Syahbudin, dkk. Desain dan Implementasi Teknologi Mobile Backend As A Service(Mbaas) Pada Aplikasi Layanan Web. 2016

Muhasshanah. "Information System Design Of Marriage Data Processing In Religious Affairs Office". Jurnal Sistem Informasi, vol. 3 no. 1, (2017).

Wetzlinger, Wennner, dkk. "Comparing Effectiveness, Efficiency, Ease of Use, Usability and User Experience When Using Tablets and Laptops." Lecture Notes in Computer Science. (2014).




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v14i1.8293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VERTEX ELEKTRO