RANCANG BANGUN SISTEM PAKAN OTOMATIS UNTUK PETERNAKAN AYAM

Amar Alfiyan Syam, Jumardi Tangkelangi, Rahmania Rahmania, Rizal A Duyo

Abstract


Penelitian ini berjudul “Rancang Bangun Pakan Otomatis Untuk Peternakan Ayam”. Peternakan ayam broiler merupakan salah satu usaha ternak yang menjajikan karena produksi lebih cepat untuk keperluan pasar dibandingkan dengan produk ternak yang lain karena Ayam ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, sehingga menghasilkan daging dengan konversi pakan rendah. Pemberian pakan pada ayam harus dilakukan secara seimbang sehingga mengharuskan peternak mengeceknya secara berkala.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun pemberi pakan otomatis untuk peternakan ayam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.Jenis penelitian yang digunakan adalah library research dan pengujian dilakukan pada sebuah miniatur.Arduino uno sebegai pengendali yang terhubung ke RTC dalam mengatur dan menyimpan waktu kemudian arduino dihubungkan ke driver motor DC yang berfungsi megatur kerja motor DC sebagai alat pemberi pakan dan arduino terhubung ke relay 1 channel yang berfungsi untuk mengatur pompa air DC. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja motor DC menghasilkan pakan seberat ±43 gram dan pada pompa air DC menghasilkan ±235 ml. hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan dapat dilakukan secara otomatis, sehingga memudahkan peternak sedikit menghemat waktu.

Keywords


Ayam broiler; Pakam Otomatis; Arduino; Driver Motor DC

Full Text:

PDF

References


Manurung, Eddy Julius. 2011.”Performa Ayam Broiler Pada Frekuensi dan Waktu Pemberian Pakan Yang berbeda”. Bogor; Institut Pertanian Bogor.

Nurmanaf, A Rozanny. 2003. Tingkat Konsumsi Telur Dan Variasi Keseimbangan Produksi-Konsumsi Antar Provinsi Di Indonesia. Publitbang Sosial Ekonomi Pertanian: Bogor

Suprijatna, E., U, Atmomarsono., R, Kartasudjana. 2005.”Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadata”. Jakarta.

Yupi. 2011. Analisis Usaha Tani Ayam Ras Petelur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v13i2.7128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VERTEX ELEKTRO