RANCANG BANGUN ALAT BANTU TUNANETRA BERUPA TONGKAT BERBASIS MIKROKONTROLER DAN SENSOR ARAH KIBLAT

Muhammad Irfandi, Wahyudi Pratama R, Ridwang Ridwang, Adriani Adriani, Muniardi Muniardi

Abstract


Kemajuan teknologi saat ini mencakup berbagai perkembangan di berbagai bidang, khususnya teknologi kesehatan. Mata salah satu dari lima panca indra manusia yang sangat penting, dengan adanya mata manusia dapat melihat benda apa yang dilihat dan kemudian mengirimkan data tersebut ke otak kemudian mengolah benda apa yang dilihat. Seorang individu tunanetra menghadapi banyak masalah yang berhubungan dengan berbagai bagian kehidupan manusia yang akan mempengaruhi bantuan pemerintah sosial baik untuk dirinya sendiri, keluarganya dan masyarakat. tujuan penelitian ini adalah untuk merancang alat bantu tongkat tunanetra dan Menguji cara kerja sistem kompas, sensor ultrasonic, sensor air dan RTC. Dengan demikian dapat mempermudah penyandang tunanetra untuk menjalani aktifitas setiap harinya. Alat bantu tunanetra menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04, sensor water level, dan sensor kompas HMC5883L berbasis Arduino uno. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah dalam merealisasikan alat yang akan dibuat. Dari hasil pengujian sensor HMC5883L,dapat dilihat bahwa pengujian untuk menentukan arah kiblat dengan menggunakan microcontroller Arduino dan sensor HMC5883L, alat dapat bekerja dengan baik, Ketika kotak komponen berada pada sudut yang telah ditentukan, speaker akan mengeluarkan suara "Sudah Pas", menandakan bahwa posisi sudah benar. sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler Arduino, cara kerjanya ketika sinyal ultrasonik mengirim sinyal Jika ada halangan maka sinyal tarsebut akan memantul dan di terima kembali oleh sensor kemudian mikrokontroler akan mengirimkan suara dan vibrartor sebagai peringatan, Untuk alat tunannetra ini batas maksimal yang dapat dideteksi pada kondisi sekitar sejauh 100cm. sensor air yang posisinya berada di bawah akan membaca kondisi sekitar apakah ada genagan air atau tidak, dan ketika sensor air telah membaca kemudian dikirim ke vibrator dan suara audio melalu arduino sehingga vibarator dan juga suara audio dapat bekerja dengan baik. Apabila genangan air mencapai ketinggian 4 cm atau lebih, maka speaker akan mengeluarkan suara "Ada Air" dan motor getar akan aktif. RTC ( Real Time Clock) akan menghasilkan out put pada spekaer, alat berbunyi sesuai waktu sholat dengan bunyi berupa “suara adzan”,Output suara yang dikeluarkan berbunyi dengan sangat jelas.Sehingga penyandang tunanetra atau disabilitas penglihatan bisa mengetahui kapan waktu shalat akan dimulai atau berlangsung.


Keywords


Tunanetra, HC-SR04, Water Level, HMC588L, dan RTC DS3231

Full Text:

PDF

References


Andreas dan Wisnu Wendanto, 2016, Tongkat Bantu Tunanetra Pendeteksi Halangan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Arduino, Jurnal Ilmiah Go Infotech, 22(1): 24-30

Ahmad, F., Nugroho, D. D., & Irawan, A. (2015). Rancang Bangun Alat Pembelajaran Microcontroller Berbasis ATmega 328 di Universitas Serang Raya. Jurnal PROSISKO, 2(1), 10–18.

Amin, M. (2020). Sistem Cerdas Kontrol Kran Air Menggunakan Mikrokontroler Arduino dan Sensor Ultrasonic. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 2, 1–5.

Admiration, J. S., & Teknik, S. (2020). Di dalam kehidupan saudara-saudara kita yang memiliki 17. 1(4), 363–373.

Patmin, H., Nugroho, A. K., & Muliandhi, P. (2022). Rancang Bangun Alat Bantu Menentukan Arah Kiblat Sholat dan Pengingat Jumlah Rakaat untuk Penyandang Tunanetra Berbasis Arduino dengan Sensor Kompas HMC5883L. Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika, 21(2), 243–252. https://doi.org/10.31358/techne.v21i2.325

Simanjuntak, J. C. S., Hapsari, G. I., Meisaroh, L., Prodi, D., Komputer, T., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). Sajadah Berbicara Pendeteksi Arah Kiblat Berbasis Arduino. 6(2), 2053–2060

Siswanto, A., Sitepu, R., Lestariningsih, D., Agustine, L., Gunadhi, A., & Andyardja, W. (2020). Meja Tulis Adjustable Dengan Konsep Smart Furniture. Scientific Journal Widya Teknik, 19(2), 2621–3362.

Suhaeb, S., Abd Djawad, Y., Jaya, H., Ridwansyah, Sabran, & Risal, A. (2017). Mikrokontroler dan Interface. Buku Ajar Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika UNM,2–3. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+artikel+ilmiah&btnG=

Azhari, A. M. (2016). Rancang Bangun Tongkat Bantu Jalan Untuk Tunanetra Menggunakan Teknologi Arduino. Jurnal Energi dan Teknologi, 5(2), 75-80.

Hidayat, A., & Kurniawan, A. F. (2019). Pengembangan Sistem Tongkat Elektronik sebagai Bantuan Mobilitas bagi Penyandang Tunanetra. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 8(3), 256-262.

Setiawan, A., & Tresna, A. (2018). Rancang Bangun Sistem Tongkat Bantu Jalan Pada Tunanetra Berbasis Mikrokontroler Arduino. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(2), 73-79.

Amrullah, M. H., & Susanto, Y. (2020). Rancang Bangun Tongkat Bantu Jalan untuk Penyandang Tunanetra Berbasis Sensor Jarak Menggunakan Mikrokontroler Arduino. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(1), 11-20.




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v16i2.14969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 VERTEX ELEKTRO