ANALISA TENAGA SURYA TERKONSENTRASI PADA KONVERSI CAHAYA SINAR MATAHARI MENJADI ENERGI LISTRIK TERHADAP SUPLAI AIR

Muh Alim Ihsan, Arsydin Sinatrya Al Anshari, Rizal Ahdiyat Duyo, Hafsah Nirwana

Abstract


Saat ini, Teknologi Energi Surya (Solar Energy System) merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah pasokan air. Di daerah tropis, Anda bisa mendapatkan sinar matahari gratis sepanjang tahun, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Oleh karena itu, bahkan di lokasi-lokasi terpencil di mana sulit untuk mendapatkan jaringan listrik PLN atau sudah memiliki generator tetapi sulit mendapatkan pasokan bahan bakar, penggunaan teknologi listrik tenaga surya untuk menggerakkan pompa air adalah pilihan yang ideal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki prosedur yang terlibat dalam pembangunan dan penggunaan pembangkit listrik tenaga surya sebagai sumber energi skala kecil untuk sistem pompa air, dan untuk menentukan cara memastikan ketersediaan pasokan air yang konsisten di dalam tangki. Pada penelitian ini kami menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimental adalah pendekatan yang melibatkan pengumpulan data melalui percobaan yang di kendalikan secara sistematis. Berdasarkan hasil pengujian maka di dapatkan Lama Waktu Pemakaian Energi pada Beban yang rata –rata pemakaian tanpa penghisapan 26 menit 6 detik dan dengan penghisapan 17 menit 33 detik, yang Besar pemakaian Optimalnya tergantung pada Besarnya Daya Pada Panel Surya seta Besarnya Penyimpanan Energi tersebut dalam hal ini yaitu Battery atau ACCU. Dengan menggunakan water level control maka air dalam tangki air dapat terjaga ketersediaannya.

Keywords


Fotovoltaik; Energi; Listrik Dan Pompa Air

Full Text:

PDF

References


A. Effendi and F. Raynaldi, “Analisa Perhitungan Pompanisasi Irigasi Dengan Menggunakan Tenaga Panel Surya Di Daerah Koto Baru Simalanggang Payakumbuh,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 7, no. 2, pp. 128–132, 2018.

M. M. Thamrin, S. Sariman, S. Dwijayanti, M. R. Ramadhan, and B. Y. Suprapto, “PENGOPTIMALAN ENERGI CADANGAN BERBASIS SWITCHING CHARGE DENGAN MENGGUNAKAN SOLAR CELL PADA RANCANG BANGUN MINI PDAM,” Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), pp. 689–694, 2019.

A. Rozaq, M. F. Jauhari, and R. K. Hardinto, “Implementasi Teknologi Pompa Air Tenaga Surya Di Desa Karyabaru Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala,” Jurnal Impact: Implementation and Action, vol. 1, no. 2, pp. 92–109, 2019.

S. Darma, “Analisa perkiraan kemampuan daya yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS),” Jurnal Ampere, vol. 2, no. 1, pp. 39–53, 2017.

A. Z. NIAM and M. WIDYARTONO, “Prototipe Mesin Stirling Menggunakan Panas Sinar Matahari Sebagai Energi Alternatif,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 9, no. 2, 2020.

M. Myson, “Desain Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Daerah Pesisir Kuala Tungkal Tanjab Barat,” Jurnal Civronlit Unbari, vol. 1, no. 1, pp. 69–82, 2016.

R. T. Jurnal, “IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY UNTUK SISTEM OTOMATISASI PENGATURAN PENGISIAN BATERE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA: Tri Joko Pramono, Dhami Johar Damiri, Supriadi Legino,” Energi & Kelistrikan, vol. 9, no. 2, pp. 111–119, 2017.

H. Alwani, A. Sofijan, and F. Ariati, “EVALUASI SISTEM PENERANGAN DAN PEMAKAIAN ENERGI PADA KANTOR KESATUAN BRIMOB TALANG KELAPA PALEMBANG,” Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), pp. 793–805, 2019.

Y. PATANTAN and I. SETIAWAN, “ANALISIS BIAYA LAMPU JALAN DENGAN MENGGUNAKAN SOLAR CELL DI KOTA MAKASSAR”.

T. Rihayat, “Nelly Safitri Teuku Rihayat Shafira Riskina”.

R. H. S. Suriadi and C. Fanni, “Rancang Bangun Sistem Pengisian Baterai Menggunakan Solar Cell Berbasis Mikrokontroler ATmega328”.

Y. A. Sinaga, A. S. Samosir, and A. Haris, “Rancang bangun inverter 1 phasa dengan kontrol pembangkit Pulse Width Modulation (PWM),” J. Rekayasa dan Teknol. Elektro, Univ. Lampung, vol. 11, no. 2, 2017.

I. N. Gusniar, “Optimalisasi sistem perawatan pompa sentrifugal di Unit utility PT. ABC,” Majalah Ilmiah SOLUSI, vol. 1, no. 01, 2014.

M. Mujtahidin and M. L. Oktarianto, “Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu,” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 95–106, 2022.

F. Yusup, “Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif,” Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 7, no. 1, 2018.

S. Suparman, M. As’ad, A. Adriani, and R. Ridwang, “RANCANG BANGUN PENETRALISIR KEBOCORAN GAS PADA PERUMAHAN BERBASIS MICROCONTROLLER ARDUINO,” Vertex Elektro, vol. 15, no. 1, pp. 57–63, 2023




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v15i2.12323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO