ANALISIS PROSES TRANSFER LOAD UNTUK MENCAPAI TEGANGAN GENERATOR SAMA DENGAN TEGANGAN PADA BUSBAR

Muh Sultan Agung Hidayat, Muh Arsyil Wawandi, Adriani Adriani, Ridwang Ridwang

Abstract


Adapun tujuan dari pada penelitian ini adalah Dapat menganalisa bagian-bagian dari sistem peralihan catu daya secara otomatis. Dapat mengetahui cara kerja dari sistem peralihan catu daya listrik. Dapat mengetahui keandalan sistem peralihan catu daya dalam mendukung kelancaran dan keselamatan penerbangan. Metode yang dipergunakan pada penelitiann ini adalah mengadakan penelitian dan pengambilan data di PT. PLN (Persero) dan Pembangkit Listrik Tenaga  Diesel pada Bandar Udara Hasanuddin di Makassar. Hasill yang didapatkan pada penelitian ini adalah. Proses transfer load terdiri dari beberapa bagian yaitu : Proses engine start yang dapat dilakukan dengan tipe operasi manual dan otomatis Proses pencapaian putaran nominal yang diharapkan dari generator yaitu 1500 rpm untuk mensuplai tegangan nominal 220/380 V ke beban. ACB PLN off. pada tipeoperasi otomatis pembukaan dan penutupan ACB menggunakan alat mekanisme energi tersimpan yang menjamin aksi penutupan yang cepat dan aman. ACB PLN akan berhenti bekerja dan ACB genset on pada saat proses start selesai dan tegangan yang akan dicapai generator telah sama dengan tegangan pada busbar.Peralihan catu daya atau pelayanan beban terjadi pada saat suplay daya utama PLN mengalami gangguan dimana sistem kontrol memerintahkan motor start untuk memutar fly wheel mesin diesel sampai generator mencapai putaran nominainya. Setelah tegangan nominal tercapai Circuit breaker pada PLN off dan circuit breaker. PL TD on, arus listrik melalui busbar akan menyuplai beban

 


Keywords


Load; Tegangan; Generator; Busbar

Full Text:

PDF Untitled

References


S. Suparman, M. As’ad, A. Adriani, and R. Ridwang, “RANCANG BANGUN PENETRALISIR KEBOCORAN GAS PADA PERUMAHAN BERBASIS MICROCONTROLLER ARDUINO,” Vertex Elektro, vol. 15, no. 1, pp. 57–63, 2023.

K. Abdul, Pembangkit Tenaga Listrik. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2020.

T. H. Carr, Electric Power Stations. Princeton: D. Van Nostrand Company, 1941.

M. A. Adhiem, S. H. Permana, and B. M. Faturahman, Pembangkit Listrik Tenaga Surya bagi Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2021.

W. D. Stevenson, Analisa Sistem Tenaga Listrik. Jakarta : Erlangga, 2020.

M. Burhan, “Studi Gangguan Dan Kinerja Sistem Proteksi Trafo Tenaga Pada Gis Dan Gardu Induk Konvensional 150 Kv Bontoala,” Politeknik Negeri Ujung Pandang, 2018.

S. Oman, Sistem Pengontrolan Motor di Industri. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.

D. L. B. Taruno, Zamtinah, and A. S. J. Wardhana, Instalasi Listrik Industri, 1st ed. Yogyakarta: UNY Press, 2019.

PT. PLN (Persero) Jasa Pendidikan dan Pelatihan, “Relay Proteksi Peralatan Pembangkit.” Jakarta: PT. PLN (Persero), 2008.

A. Rukajat, Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Sleman: Deepublish, 2018.

ICAO, Aerodromes Annex 14, 4th ed. Montreal: International Civil Aviation Organization (ICAO), 2004.

Zuhal, Dasar teknik tenaga listrik dan elektronika daya, 2nd ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

S. Budiarjo, Teknik Tenaga Listrik, 4th ed. Bandung: Amirco, 2020.

Realator, “Unit 7 VS 8501 Automatic.” Germany: Siemens West, 2021.




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v15i2.12132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO