Analisis Redaman Pada Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Berteknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON) di PLASA TELKOM Bantaeng

Muh Zulfikar, Zaldi Azhari, Rahmania Rahmania

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk Untuk menganalisa batas redaman total d ibeberapa wilayah Plasa Telkom Bantaeng, Untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya peningkatan redaman pada Fiber To The Home (FTTH) di Plasa Telkom Bantaeng dan Untuk mengatasi nilai redaman yang melewati batas wajar yang telah ditentukan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini adalah penelitian analisis, yaitu dengan menganalisis nilai redaman total tiap core pada site–site yang diteliti pada jaringan FTTH di Plasa Telkom Bantaeng. Dari hasil penelitian dapat kita lihat bahwa secara umumnya besar redaman total dipengaruhi oleh panjangnya kabel optik, banyaknya jumlah sambungan dan besarnya redaman per kilometer untuk tiap kabel fiber optik. OTDR dipakai untuk memastikan loss sambungan, konektor dan loss karena tekukan atau tekanan terhadap kabel. Pada site Jalan Merpati Baru. Nilai redaman melewati batas range yang telah ditentukan yaitu 15-28 dB. Faktor yang mempengaruhi besarnya nilai redaman pada site tersebut yaitu jaraknya yang terlalu jauh dan banyaknya sambungan yang terdapat pada jalur kabel fiber optic yang dilewati sehingga mempengaruhi besarnya redaman total per kilometer untuk tiap kabel.

Keywords


jaringan fiber;passive; optical network

Full Text:

PDF

References


Ade Febriansyah, Ibrahim Lammada. 2022. Perbaikan Dan Pemeliharaan Jaringan Fiber To The Home (FTTH), Universitas Singaperbangsa. Karawang.

Amalia Rizqi, Della Ramayanti, Zafira Azyati. 2022. Analisa Performasi Jaringan Telekomunikasi Fiber To The Home (FTTH) Menggunakan Metode Power Link Budget Pada Kluster Bhumi Nirwana Balikpapan Utara, Institut Teknologi Kalimantan. Kalimantan.

Hantoro, Gunadi Dwi. 2015. Fiber Optic. Bandung: Informatika.

Sadewa. 2017. Fiber Optic. Semarang: Universitas Semarang.

Ramdhany Rino Syahputra, Muhamad Bagaswara, Dian Budhi Santoso. 2022. Analisa Redaman (Loss) Rata-Rata Pada Jaringan di BTR Blok O Bekasi, Universitas Singaperbangsa Karawang. Karawang.

Serat Optik. (2022, Januari 12). Di Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Di akses pada 22.00, 07 April 2022, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Serat_optik

Nurwahidah Jamal, Maria Ulfah, Andi Sri Irawaty. 2021. Analisis Jarak Jangkauan Jaringan Fiber To The Home (FTTH) dengan Teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON) Berdasarkan Link Power Budget, Politeknik Negeri Balikpapan, Balikpapan.

Puri Muliandhi, Erlian Husna Faradiba, Bayu Adi Nugroho. 2020. Analisa Konfigurasi Jaringan FTTH dengan Perangkat OLT Mini untuk Layanan Indihome di PT. Telkom Akses Witel Semarang. Universitas Semarang, Semarang.

Abd Marri, Nur Ismi. 2018. Analisa Teknologi Gigabyte Passive Optical Network

(GPON) ZTE dan Fiber home. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Minal Abral, Mochamad Djaohar. 2017. Analisa Redaman Pada Jaringan FTTH (Fiber To The Home) Dengan Teknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network) Di PT MNC Kabel Mediacom. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v14i2.10305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO