Perencanaan Belitan Transformator Distribusi 20 Kv 50 Kva

Arif Budiawan, Andri Indrawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan belitan tranformator 20 kV 50 kVA YZn5 serta menentukan nilai impedansi dan rugi-rugi tembaga. Hasil dari kedua tujuan ini akan dibandingkan menurut standar PLN. Standar rugi-rugi daya pada transformator yaitu 5 – 10 % dari tegangan nominal. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan perencanaan berdasarkan anaisa matematis yaitu perhitungan menggunakan rumus dari persamaan-persamaan yang sesuai. Analisa disesuaikan dengan spesifikasi transformator yang direncanakan dengan mempertimbangkan hal-hal teknis seperti perencanaan inti dari jumlah lilitan.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa belitan transformator yang direncanakan sesuai dengan standarisasi PLN sebagai rujukan. Hal ini sesuai dengan nilai rugi-rugi belitan yang dihasilkan serta nilai impedansi yang diperoleh sesuai dengan standar PLN. Besarnya Nilai rugi-rugi yang dihasilkan sebesar 1045,18 Watt dengan besar impedansi (z) sebesar 3,9 Ohm.

Keywords


Belitan; Tranformator; Distribusi

Full Text:

PDF

References


Aditya dkk. 2021. Transformer . Departemen Teknik

Elektro Universitas Indonesia. Jakarta

. Sumanto. 2000. Teori Transformator. Penerbit Andi. Yogyakarta.

. Georgilakis, P.S. 2020. Spotlight of Modern Transformer Design. Springer Dordrecht Heidelberg London New York. London.

. Aslimeri dkk. 2021. Teknik Transmisi Tenaga Listrik Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.Jakarta.

. Suswanto,Daman. 2020. Sistem Distribusi Tenaga Listrik Untuk Mahasiswa Teknik Elektro. Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia. Jakarta.

. Sumardjati dkk.2021. Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.Jakarta.

. Maruwoan. 2021. Rancang Bangun Transformator Distibusi 100 kVA. Jurnal Penelitian Teknologi. Politeknik Negeri Ujung Pandang. Makassar.

. Soliukhuodion. 2020. Studi Gangguan Intebus Transformer (IBT-1) 500/150 KV di GITET 500 KV Kembangan – Jakarta Barat (Tesis). Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia. Depok.

. March, Bastian. 2020. Penilaian Kondisi Isolasi Trafo Dengan Metode Pembobotan Analytic Hierarchy Process (Skripsi S1). Program Studi Teknik Elektro Universitas Indonesia. Depok.

. Sutadi dkk.2021. Rancangan Transformator 625 VA Terisolasi Pada Tegangan Tinggi 300 KV Untuk Catu Daya Filamen Sumber Elektron MBE Lateks. Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan (PTAPB) – BATAN. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v14i2.10303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO