PERANCANGAN PANEL ATS ( AUTOMATIC TRANSFER SWITCH ) PLN KE GENERATOR GUDANG PUPUK DI JENEPONTO

Faisal Tanjung, Sopyang Sopyang, Suryani Suryani

Abstract


ATS (Automatic Transfer Switch) yaitu ketika aliran listrik PLN padam maka secara otomatis Genset akan hidup dan aliran listrik akan berpindah
ke Genset, ketika PLN kembali menyala maka aliran listrik secara otomatis akan berpindah lagi ke PLN sedangkan Genset akan mati secara otomatis tanpa adanya campur tangan dari operator. Penelitian ini Kost Di jalan Mustafa Dg Bunga lorong 1 pada bulan Juni 2022 – November 2022. Langkah-langkah dalam pembuatan alat dimulai dari membuat desain panel, membuat rancangan penempatan komponen bagian luar, membuat rancangan penempatan komponen bagian dalam, membuat gambar rangkaian, perakitan dan wiring alat serta uji coba pada alat. Panel ATS ini mendukung dua operasi sistem perpindahan beban yaitu sistem perpindahan beban secara otomatis dan sistem perpindahan beban secara manual. Sistem kerja perpindahan otomatis sumber utama yang digunakan adalah sumber milik PLN sedangkan sumber cadangan adalah sumber Genset. Sistem kerja perpindahan manual sumber utama bisa digunakan dengan cara memilih salah satu sumberyaitu sumber PLN atau sumber Genset, dalam sistem kerja manual sumber PLN dan sumber Genset tidak bisa digunakan secara bersamaan. Hasil penelitian pada panel listrik ATS ini yaitu menguji sistem perpindahan manual dan sistem perpindahan otomatis serta mengukur waktu perpindahan sumber PLN ke sumber milik Genset dan sebaliknya mengukur waktu perpindahan sumber Genset ke sumbe PLN. Perpindahan dari PLN ke genset memerlukan waktu rata-rata 5 detik, sedangkan perpindahan dari Gensetke PLN memerlukan waktu rata-rata 5 detik


Keywords


ATS (Automatic Transfer Switch), Panel Listrik Perancangan

Full Text:

PDF

References


RASMINI, Ni Wayan. Panel automatic transfer switch (ATS)–automatic main failure (AMF) di perumahan direksi BTDC. Logic: Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, 2017, 13.1: 16.

ZORAYA, Nindy. Pengertian Sistematika dan Contoh Rancangan Penelitian. Dalam https://nindyzoraya. wordpress. com/2012/04/20/pengertian sistematika-dan- contoh-rancangan penelitian), diakses, 2019, 12.

FELYCIA, Felycua; SAFAAH, Eva; ANWAR, Ridho. Electric RANCANG BANGUN SISTEM ATS (AUTOMATIC TRANSFER SWITCH) DAN AMF (AUTOMATIC MAIN FAILURE) 1 FASA SECARA OTOMATIS. ProTekInfo (Pengembangan Riset dan Observasi Teknik Informatika), 2022, 9.2: 44-51.

SAPUTRO, SOPYAN. Rancangan bangun pembuatan alat panel listrik ATS (automatic transfer switch)–AMF (automatic main falure). 2015. PhD Thesis. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

SHIHA, Muhammad N.; SUDIHARTO, I.; ARIF, Y. C. Rancang Bangun Sistem Automatic Transfer Switch (ATS) dan Automatic Main Failure (AMF) PLN-Genset Berbasis PLC Dilengkapi dengan Monitoring. Jurusan Teknik Elektro Industri PENS-ITS, 2011.

SANTOSO, Enggar Timbul; SIBARANI, Maradu; SURIPTO, Suripto. Rancangan Dasar Sistem Automatic Main Failure dan Automatic Transfer Switch untuk Ruang Pertemuan Gedung 71. 2011




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v14i2.10279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO