RANCANG BANGUN ATS UNTUK PEMBANGKIT CADANGAN (GENERATOR SET 1 PHASA)

Suryadi Suryadi, Safar Safar, Adriani Adriani, Abd Hafid

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eskperimen dengan studi literatur, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemasangan instalasi listrik dengan menggunakan generator set sebagai listrik cadangan serta mengetahui bagaimana pemanfaatan generator set sebagai alternatif ketika terjadi pemadaman listrik, untuk mempermudah pengoperasian generator set maka dibutuhkan system yang dapat bekerja secara otomatis dalam pengontrolannya, Penelitian ini menghasilkan alat Automatis transfer switch (ATS) yang dapat memindahkan suplai dari PLN ke Generator set ataupun sebaliknya. Metode yang digunakan dengan merancang alat yang dapat mendeteksi tegangan pada kedua sumber. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa terdapat jeda waktu antara suplai PLN yang mengalami gangguan sampai genset dihidupkan dan siap dibebani yaitu sebesar 15 detik. Dan pada saat PLN kembali normal didapatkan jeda waktu kurang dari 5 detik dalam perpindahan suplai dari genset ke PLN.


Keywords


ATS; Pembangkit; Cadangan; Genset 1 Phasa

Full Text:

PDF

References


. Apriani, Yosi. Analisa Sistem Pengaman Motor Listrik Dengan Menggunakan Maine Control Center (Mcc) Pt. Perta-Samtan Gas Sungai Gerong.

. Arindya, Radita. 2013. Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Fernando Tawurisi, Glanny M.Ch.Mangindaan, Sartje Silimang. 2019. Rancang Bangun Sistem Kendali Automatic Transfer Switch Perusahaan Listrik Negara – Generator Set. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol.8 No.3

. Nomon Muranto, Atmam, Zulfahri. 2018. Studi Peralihan Daya Listrik Dari Pln Ke Generator Set (Genset) Ketika Terjadi Pemadaman Dari Plndengan Uninterruptible Power Supply (Ups) Pada Hotel Grand Elite Pekanbaru (SainETIn). Jurnal Sain, Energi, Teknologi & Industri, Vol. 3 No. 1,

. Sunarlik, W. (2011). Prinsip Kerja Generator Sinkron. Jurnal November.

. Sudirham, Sudaryatno. "Analisis Rangkaian Listrik." Bandung: Penerbit ITB (2002).

. Samrasyid 2020, Pengertian Thermal Overload Relay.

. Sumardjati, P. dkk. (2008). Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik Jilid I. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

. Ats Amf Module Selection. http://www.ats-amf.com/.(diakses tanggal 12 Desember 2022).

. Rahmad Nur cahyo, “AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) DAN AUTOMATIC MAIN FAILURE (AMF) BERBASIS PLC OMRON SYSMAC CPM2A,” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 2018.




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v14i2.10262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO