RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS TELEGRAM MENGGUNAKAN ESP 32 CAM

Ardiansyah M, Aldi Febryan, Adriani Adriani, Rahmania Rahmania

Abstract


Tindak pencurian sering kali terjadi dilingkungan yang padat penduduk. Penghuni rumah tidak dapat memantau huniannya secara efektif sehingga menimbulkan rasa kekhawatiran. Tidak adanya sistem keamanan yang memberikan informasi secara langsung kepada penghuni rumah. Menghasilkan sebuah perangkat keamanan kamar kos yang mampu mendeteksi gerakan manusia, buzzer memberikan peringatan berupa suara dan telegram sebagai notifikasi serta dapat dikelola secara mandiri oleh penghuni rumah. Untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan dalam perancangan prototipe sistem keamanan rumah berbasisinternet of things menggunakan sensor passive infrared receiver dengan ESP32-CAM dan telegram sebagai notifikasi ini tentunya membutuhkan beberapa komponen penunjang dalam proses pengerjaannya. Dengan menggunakan sistem keamanan rumah ini dapat mengurangi tindakan pencurian yang sering terjadi di rumah dengan pemanfaatan sensor PIR. Penghuni dapat memantau rumahnya pada saat meninggalkan huniannya dengan sistem keamanan yang dapat dicontrol melalui aplikasi telegram. Perancangan IoT sistem keamanan rumah menggunakan sensor PIR dapat mendeteksi gerakan lalu buzzer bertindak sebagai alarm, informasi berupa notifikasi akan diteruskan kepada penghuni melalui aplikasi telegram. Untuk peneliti berikutnya dapat menggembangkan kamera yang dapat mendeteksi wajah (face detection) dan pengenalan wajah (face recognition). Peneliti berikutnya dapat menggunakan media penghubung lainnya menggunakan Aplikasi Whatsapp

Keywords


ESP32-CAM; Sensor Passive Infrared Receiver; Nodemcu

Full Text:

PDF

References


M. D. Payana, “Rancang Bangun Sistem Keamanan pada Pintu Rumah dengan Menggunakan Sensor PIR dan Peringatan Dini Melalui SMS Berbasis Mikrokontroler,” JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE, vol. 4, no. 1, hlm. 1–5, Des 2019, doi: 10.33143/JICS.VOL4.ISS1.421.

Anggraini, N., Fahrianto, F., & Yudhaniristo. (2015). Pototope Alat Monitoring Radioaktivitas Lingkungan, Cuaca Dan Kualitas Udara Secara Online Dan Periodik Berbasis Arduino (Studi Kasus:Batan Puspiptek Serpong).

Junaidi, & Dwi Prabowo, Y. (2018). Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino. In Cv Anugrah Utama Raharja.

Wicaksono, M. F. (2020). Implementasi Arduino Dan Esp32 Cam Untuk Smart Home, 10, 40-51.

M. Yunus, “Prototipe Sistem Keamanan Kamar Kos Berbasis Internet Of Things Menggunakan Sensor Passive Infrared Receiver Dengan ESP32-CAM Dan Telegram Sebagai Notifikasi (Studi Kasus: Kos Sianturi Air Dingin).” Universitas Islam Riau, 2021.

L. Hutabarat and E. Susanti, “PERANCANGAN SISTEM MONITORING RUMAH DENGAN SENSOR PASSIVE INFRA RED (PIR) MENGGUNAKAN NODEMCU BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT),” SIGMA Tek., vol. 3, no. 2, pp. 139–147, 2020.

A. Setiawan dan A. Irma Purnamasari, “Pengembangan Passive Infrared Sensor (PIR) HC-SR501 dengan Microcontrollers ESP32-CAM Berbasiskan Internet of Things (IoT) dan Smart Home sebagai Deteksi Gerak untuk Keamanan Perumahan,” 2019.

Yuliza, “Detektor Keamanan Rumah Melalui Telegram Messeger,” Universitas Mercu Buana ISSN, vol. 9, no. 1, hlm. 27, Jan 2018.

Ade Mubarok dkk. (2019). Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Informatika, Vol.5 No.1,137-144.

Jhonny hendra cipta Pangaribuan dkk. (2021). Perancangan Alarm Anti Maling pada Kendaraan Bermotor Dalam Posisi Parkir Menggunakan Sensor PIR (Passive Infrared Receiver) Dan Sensor Getar Berbasis Arduino uno R3. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Jurnal I lmu Komputer dan Informatika, Vol 4 No 1,26-35




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v15i1.10246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO