ANALISIS PENGARUH SUHU KERJA PADA PANEL SURYA TERHADAP DAYA KELUARAN DARI PANEL

Haldianto Haldianto, Nur Alim, Abd Halik Lateko, Adriani Adriani

Abstract


Panel surya terdiri dari susunan sel – sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor yang dapat mengubah energi foton yang dihasilkan matahari menjadi energi listrik. Dalam pengoperasian panel surya, daya listrik keluaran dari sel surya tidak hanya bergantung pada besarnya intensitas radiasi yang diterima, namun perubahan suhu pada permukaan sel surya dapat mempengaruhi daya listrik yang dihasilakan. Maka untuk memaksimalkan kinerja dari sel surya diperlukan suatu penelitian dengan membandingkan dua percobaan yaitu pengoperasian panel surya tanpa menggunkan kipas angin dan menggunakan kipas angin saat suhu permukaan panel surya mengalami kenaikan dalam kondisi cuaca cerah dan berawan. Hasil dari penelitian pada kondisi cuaca cerah dan berawan dimulai pada jam 9:00 sampai jam 15:00 dimana suhu tertinggi pada permukaan panel surya berada di jam 12:00 yaitu mencapai 60,3ºC kondisi cuaca cerah dan peningkatan daya tertinggi yang dihasilkan panel surya berada di jam 11:00 dalam kondisi sebelum di kipas suhu pada permukaan penel surya mencapai 59,2ºC dan menghasilkan daya sebesar 8.31 watt namun pada saat permukaan panel surya di dinginkan dengan menggunakan kipas angin selama 5 menit maka suhu pada permukaan panel surya menjadi 41,2ºC dan daya yang dihasilkan panel surya meningkat menjadi 11.84 watt yang menghasilkan selisih peningkatan daya hingga 3.53 watt

Keywords


Panel surya; Pengaruh suhu; Daya; Energi listrik; Cuaca

Full Text:

PDF

References


Purwoto Bambang Hari, Jatmiko, F, Muhamad Aminul, Huda Ilham Fahmi 2018. Efisiensi Penggunaan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif (Jurnal). Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahayuningtyas Ari, Seri Intan Kuala, Apriyanto Ign Fajar 2014. Studi Perencanaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Skala Rumah Sederhana Di Daerah Pedesaan Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif Untuk Mendukung Program Ramah Lingkungan Dan Energi Terbarukan (Jurnal). Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tiyas Puteri Kusumaning, Widyartono Mahendra 2020. Pengaruh Efek Suhu Terhadap Kinerja Panel Surya (Jurnal). Teknik Elektro, Universitas Negeri Surabaya.

Hasibuan Alaudin Riyadsyah 2019. Efisiensi Output Panel Surya Terhadap Perubahan Temperatur Menggunakan Simulasi Cahaya Lampu Sebagai Sumber Cahaya Pengganti Matahari. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera utara Medan.

Wulandari Tias Damaring 2009. Energi Jakarta: Erlangga

Sukmajati Sigit, Hafidz Mohammad 2015. Perancangan Dan Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 10 MW On Gird Di Yogyakarta (Jurnal). Jurusan Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknik PLN.

Daryanto 1999. Pengetahuan Teknik Listrik Jakarta: PT Bumi Aksara

Prasetyo Imam, Saputro Iwan 2018. Perbaikan Dan Perawatan Aki Basah (Jurnal). Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Muhammadiyah Pekalongan.

Efendi Achmad, Yusran Muh 2018. Sisitem Kendali Otomatis Penyiram Tanaman Berbasis Solar Ceel. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Emidiana (2017). Pengaruh Kapasitas Pada Kumparan Bantu Terhadap Pemanasan Motor Induksi Satu Fasa (Jurnal). Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang.




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v15i1.10206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO