LONG LIFE EDUCATION DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Muhammad Ali Bakri

Abstract


Abstrak

Pendidikan dalam pengertian usaha yang dilakukan oleh pendidik, mungkin dapat dikatakan berakhir saat anak didik mencapai masa dewasa dan mampu bertanggung jawab terhadap segala akibat dari perbuatannya. Sedangkan Pendidikan Islam adalah tidak terbatas pada pencapaian nilai-nilai keduniaan semata, tetapi terus berlanjut sampai pada keselamatan kehidupan di akhirat kelak. Pendidikan Islam pada hakekatnya mempunyai jangkauan makna yang sangat luas serta dalam rangka mencapai kesempurnaannya memerlukan waktu dan tenaga yang tidak kecil, karena itulah kemudian dikenal ungkapan pendidikan seumur hidup (long life education), sebagaimana dikenal pernyataan ilmuan kepada peserta didik “Berilah aku seluruh yang engkau miliki, maka akan kuberikan kepadamu sebagian yang aku miliki”.

Sejarah Pendidikan Islam menginformasikan bahwa berbagai institusi yang mempunyai bidang garapan untuk kelompok awam ini muncul dalam bentuk lembaga al-Kawanik, al-Zawiyah, dan al-Ribat.

Kata kunci: education,al-Ilmu, formal education, potential intellect, intellect in habitus, intellect in actus, acquired intellect.


Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamluddin, dan Suroso, Nashuri, Fuad. Psikologi Islam, solusi Islam atas Problem-problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994.

Crow, Laster D., Crow, Alice, Educational Psychology I, tjm. Z. Kasijan, Surabaya : Bina Ilmu, 1984.

Gazalba, Sidi, Pendidikan Umat Islam, Jakarta : Bharata, 1970.

Al-Ghazali, Miskat al-Anwar, “The Niche of Lights”, tran. WHT. Gairder, London, The Royal Asatic Society, 1924.

Hawa, Said, Tarbiyatuna al-Ruhiyyah, Kairo, 1979.

Jalal, Abd. Fattah, Min al-Ushul al-Tarbawiyah Fi al-Islam, Kairo : al-Markaz al-Dauli Li al-Ta’lim al-Wazhili Li al-Kubbar Fi al-‘Alam al-‘Arabi, 1977.

Langgulung, Hasan, Tujuan Pendidikan dalam Islam : Kajian Tentang Berbagai Masalah Kontemporer, Jakarta : Hikmah Syahid Indah, 1988.

Ma’arif, Syafi’i, al-Qur’an dan Masalah Pendidikan (Makalah) disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional Pendidikan al-Qur’an, UMY. Yogyakarta, 16-18 Desember 1989.

Madjid, Busyairi, Konsep Pendidikan Para Filosof Muslim, Yogyakarta : Amin Press, 1997.

Muhamad. Jalaludin bin Ahmad al-Mahalli dan Jalaludin Abd. Al-Rahman bin Abu Bakr al-Suyuthi, Tafsir al-Jalalain, Beirut, Dar al-Kutb al-Diniyyah, tt.

Mutahhari, Murtadlo, Perspektif al-Qur’an Tentang Manusia dan Agama, Bandung : Mizan, 1992.

Najati, Usman, al-Idrak al-Hissi ‘Inda Ibn Sina : Bahts fi ‘Ilm al-Nafs ‘Inda al-‘Arab, Beirut : Dar al-Syuruq, 1980.

Qutb, Sayid, The Religion of Islam, USA. International Islamic Federation of Student Organization, 1966.

Rahman, Fazlur, Major Themes of The Qur’an, Chicago, Bibliotica Islamica, Minniapolis, 1980.

Sabiq, Sayyid, Fiqh al-Sunnah, Vol I, Beirut, Dar al-Kitab al-‘Araby, tt.

Al-Safa, Ikhwan , Rasa’il, Kairo : Arabiyah Press, 1928.

Shihab, M. Quraish, Lentera Hati Kisah dan Hikmah Kehidupan, Bandung : Mizan, 1994.

----------, Membumikan al-Qur’an, Fungsi Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung : Mizan, 1994.

Syaltout, Mahmud, Min al-Taujihat al-Islam, Dar al-Qalam, tt.

al-Takriti, Nanji, Yahya Ibn Adi, A Critical Edition and Study of His Tahdhib al-Akhlak, Beirut-Paris, Editions Quridat, 1978.

al-Zandari, Abd. al-Majid Aziz, Kitab al-Tauhid, Jeddah : Maktabah Jeddah, tt


Refbacks

  • There are currently no refbacks.