PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

Rusli Malli

Abstract


Abstrak

Manusia merupakan makhluk allah swt.yang sempurna sesuai dengan tugas fungsi dan tujuan penciptaannya sebagai khalifah filard dan terbaik bila di bandingkan dengan makhluklainnya. Kelebihan manusia bukan hanya sekedar berbeda susunan fisik, tapi juga lebih jauh adalah kelebihan aspek psikisnya dengan totalitas potensinya masing-masing yang sangat mendudukung bagi proses aktualitas diri pada posisinya sebagai makhluk mulia. Integritas kedua unsur tersebut abersifat aktif dan dinamis sesuai dengan perkembangan dan tuntunan zaman di mana manusia berada.dengan potensinya material dan spiritual tersebut, menjadikan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah swt.yang terbaik. Yang proposisinya pengetahuan dimiliki peserta didik, pendidikan harus mampu mengarahkan peserta didik pada pengembangan diri secara totaliras.islam dengan ajaran yang universal tidak menghendaki  adanya sistem pendidikan yang dikotomik parsial dalam menempatkan peserta didik baik teoritis maupun praktis peserta didik manawarkan sistem pensisikan yang integral dan mengempatkan sesuai dengan tuntutan yang di gariskan oleh allah swt.

Kata kunci: ontologys, epistemologys, dan aksiologis.

 


Full Text:

PDF

References


Daudy, Ahmad, Segi-segi Pemikiran Falsafi dalam Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1984

Susanto. A. Pemikiran Islam, Amzah, Jakarta , 2009

Sanaky Hujair AH, Paradigma Pendidikan Islam Safiria Insani Press Yogyakarta, 2003

Soebahar, Abd. Halim, Wawasan Baru Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2002

Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Dalam Abad Ke-21, Pustaka al-Husna Baru,

Jakarta, 2003.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, PT. Raja Grapindo Persada,

Jakarta, 2003. ***


Refbacks

  • There are currently no refbacks.