DESAIN BRAILLE POCKET DICTIONARY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI PENDERITA DISLEKSIANETRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA LUAR BIASA (SLTPLB)

Hasmah Hasmah, Andi Muhammad Syahwalil Akbar, Rusnah Rusnah

Abstract


Kebutuhan dan perkembangan zaman menuntut manusia untuk terus berpikir maju dalam membangun Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yaitu bagi penderita disleksianetra. Sehingga mereka membutuhkan suatu media pembelajaran, salah satunya braille pocket dictionary. Adapun rumusan masalah dalam karya tulis ilmiah ini bagaimana desain Braille Pocket Dictionary bagi penderita disleksianetra dan bagaimana manfaat Braille Pocket Dictionary sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi penderita disleksianetra. Braille adalah sejenis sistem tulisan sentuh yang digunakan oleh orang buta.

 

Kata Kunci: Braille Pocket Dictionary, Media Pembelajaran, Disleks  SLTPLB.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbitn Universitas Negeri Makassar

Dikmen PK-PLK. Tunalaras (http://www.pkplkdikmen.net/tunalaras). Diakses pada 5 September 2014

Geniofam. 2010. Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogjakarta: Garailmu

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers

Kompasiana. 2012. Perkembangan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.(http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/20/perkembangan-pendidikan-anakber kebutuhan-khusus-diindonesia-463559.html). Diakses pada 6 September 2014

Sugono Dendy. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa

Tribunnews. 2012. Pentingnya Berbahasa Inggris di Era Globalisasi(http://manado.tribunnews.com/2012/06/25/pentingnyaberbahasa-inggris-di-eraglob alisasi). Diakses pada 7 September 2014.

Zulkifli. 2012. Pengertian Media Menurut Para Ahli. (http://zulkiflimediapembelajaran.wordpress.com/2012/05/15/pengertian-media-menurut-para-ahli/). Diakses pada 7 September 2014




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v1i2.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats