PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA 1 LIMBUNG
Abstract
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung terhadap sikap dan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI IPA di SMA 1 Limbung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besarnya korelasi antara sikap dan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI IPA setelah diajar dengan pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung di SMA 1 Limbung.Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen dengan desain posttest only group design. Lokasi penelitian bertempat di SMA 1 Limbung. Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (pendekatan pembelajaran) dan variabel terikat (sikap dan hasil belajar Fisika). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes sikap dan hasil belajar. Tes ini akan diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran selesai. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan sikap dan hasil belajar peserta didik yang diperoleh. Selanjutnya, statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk sikap siswa terhadap Fisika diperoleh nilai sig. = 0,001 < sig.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Djaali. 2000. Psikologi pendidikan. Universitas Negeri Jakarta: Program pasca sarjana.
Safitri, I., Hartono, B., Halimah, H., 2013. Penerapan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung terhadap sikap dan hasil belajar kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Tellu Limpoe. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 2(2) : 156 – 160.
Sartika, D. 2010. Penerapan Teori Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika siswa kelas IX SMP Neg. 1 Tinambung. Skripsi. Makassar: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar
Sudjana, 2008. Strategi pembelajaran. Bandung : Falah Production
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v3i1.986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats