AKTUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN IQ, EQ, DAN SQ SISWA DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER BANGSA YANG BERBUDAYA
Abstract
Persoalan budaya dan karakter bangsa merupakan isu yang mengemuka di masyarakat saat ini. Korupsi, tindakan asusila, kekerasan, perkelahian massal, pelanggaran hak asasi manusia, pencurian, pembunuhan, kehidupan ekonomi yang konsumtif serta kehidupan politik yang tidak produktif. Fenomena tersebut adalah indikasi menurunnya kualitas karakter bangsa. Alternatif lain untuk mengatasi, atau minimal mengurangi masalah di atas, adalah dengan pendidikan budaya yakni melalui permainan tradisional. Upaya mengurangi berbagai masalah budaya dan karakter bangsa dengan selalu mengimplementasikan nilai-nilai budaya dalam kehidupan kita sehari-hari, bertambah majunya IPTEK dan dengan mudahnya kebudayaan dari luar yang masuk mengkontaminasi kebudayaan yang ada di Negara kita.
Kata kunci: Nilai Kamase-masea, Permainan Tradisional, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pengembangan IQ, EQ, dan SQ Siswa.
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin. 2003. Potret Manusia Kajang. Ujung Pandang: Sospol Unhas
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Pembinaan Nilai-nilai Budaya Melalui Permainan Rakyat di Daerah Jambi. Jambi: Lazuardi Indah Jambi.
Kurniati, Euis, Yustiana, Y. Reksa. 2006. Implementasi Model Bimbingan Berbasis Permainan di Sekolah Dasar. Bandung
Komnas Perlindungan Anak. 2010. Catatan Akhir Tahun 2010.
Misbach, Ifah H. 2007. Peran Permainan Tradisional yang Bermuatan Edukatif dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa. Bandung
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v1i2.98
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL PENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats