PENGARUH MEDIA DIGITAL BERBASIS YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS III SDN PACCINONGANG UNGGULAN KABUPATEN GOWA

Nur Annisa

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media digital berbasis youtube terhadap hasil belajar siswa khususnya pada materi perubahan wujud benda kelas III SD Negeri Paccinongan Unggulan Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu quasi eksperimental design dengan bentuk penelitian nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri Paccinongang Unggulan Kabupaten Gowa yang terdiri dari 4 kelas. Adapun sampel yang digunakan yaitu kelas IIID sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas IIIC sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive, pengambilan sampel dengan adanya pertimbangan tertentu. Tes hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest dengan menggunakan soal piliha ganda sebanyak 30 nomor. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis statistik deskriptif dan statistik deskriptif inferensial. Analisis statistik inferensial terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan media digital berbasis youtube yaitu rata-rata 70,50 dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional yaitu rata-rata 27,06. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 25.0 dengan uji statistik uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikasi 0,000 atau kurang dari 0,05 sehingga menandakan hipotesis penelitian diterima dengan kata lain terdapat pengaruh media digital berbasis youtube terhadap hasil belajar perubahan wujud benda siswa kelas III SD Negeri Paccinongang Unggulan Kabupaten Gowa...

Full Text:

PDF

References


Hidayat, M. 2021. Pengembangan Media Interaktif Video Fotografi Keragaman Budaya pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Siswa Kelas 5 SDN Blimbing 2 untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Tesis. Direktorat Program Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Mardiah, D. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integratide Reading and Composition terhadap Perilaku Sosial dan Spiritual Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol.5 No.1.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Edisi ke-1. Yokyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edisi ke-1. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Oktiana, H. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Tesis. Program Pasca Sarjana. t Agama Islam Negeri




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i2.8967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats