HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 1 BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

M. Nur Al Hudawy, Munirah Munirah, Rosdiana Rosdiana

Abstract


Pendidikan menjadi suatu hal yang urgen dengan pemahaman yang digunakan oleh berbagai negara untuk memajukan bangsanya. Dalam pendidikan penyesuaian kurikulum harus diperhatikan atas tuntutan zaman yang begitu sulit untuk diprediksi kemajuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemampuan menyimak dengan minat baca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan antara dua variabel atau lebih yang bertujuan untuk menemukan hubungan antara kemampuan menyimak dengan minat baca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan penelitian kualitatif jenis korelasional dimana populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa VIII A SMPN 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa.. Adapun teknik pengumpulan data untuk mengetahui minat baca siswa yaitu menyebarkan angket. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 29 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan menyimak dan minat baca siswa kelas VIII SMPN 1 Bontonompo Kabupaten Gowa memiliki hubungan yang signifikan.


Full Text:

PDF

References


Rahayu, S. 2014. Hubungan antara Minat Baca dan Tingkat Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMAN Negeri 2 Bintang. Skripsi.

Pikasari, T. 2013. Hubungan Antara Minat Baca dan Kebiasaan Menyimak Berita dengan Kemampuan Menulis Narasi Sugestif Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Musfiroh, Tadkiroatun dan Dwi Hanti Rahayu. 2004. Menyimak Komprehensif dan Kritis. Diktat Perkuliahan. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ngadirin. 1997. Faktor-faktor Penghambat Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Kolompo Yogyakarta dan Cara Mengatasinya. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermawan, Herry. 2012. Menyimak: Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.8016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats