PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PMPDR SISWA SMP NEGERI 3 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Suhaeni Suhaeni

Abstract


Berbagai permasalahan masih terus muncul dalam proses pembelajaran senibudaya di setiap satuan pendidikan salah satunya di SMP Negeri 3 PallanggaKabupaten Gowa. Permasahan yang mendasar adalah siswa tidak mampumempraktekkan teori belajar Seni budaya khususnya materi pokok musikansambel. Akhirnya penulis berusaha mencoba meningkatkan hasil belajar senibudaya materi pokok Musik ansambel melalui penerapan model pembelajaranPMPDR. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX ASMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa dalam pembelajaran Seni budayamelalui penerapan model pembelajaran Preactivity, Main activity, Post activity,,Demonstration and Reinforcement (PMPDR). Subjek penelitian ini adalah siswaKelas IX A SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa 35orang yang terdiri dari 22 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa lakilaki.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilakukan 2 kalipertemuan dan siklus II juga dilakukan 2 kali pertemuan, yang dilakukan selama 2bulan. Hasilnya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Preactivity, Main activity, Post activity,, Demonstration and Reinforcement(PMPDR) ini adalah (i) Hasil belajarsiswa Kelas IX A SMP Negeri 3 PallanggaKabupaten Gowapada siklus I (Tindakan I dan Tindakan II), masuk dalamkategori tinggi dengan jumlah nilai rata-rata 69,50 sedangkan pada siklus II(Tindakan I dan Tindakan II), mengalami kemajuan dengan kategori sangat tinggidengan nilai rata-rata 79,50 (ii) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa Kelas IXA SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa melalui penerapan modelpembelajaran PMPDR, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Modelpembelajaran ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran khususnyapada mata pelajaran Seni budaya karena dapat meningkatkan hasil belajar siswakhususnya dalam mempraktekkan musik ansambel.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Prosedur

Penelitian “Suatu Pendekatan

Praktik”. Edisi Revisi VI.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kemedikbud. 2013. Silabus Mata

Pelajaran Seni Budaya SMP.

Jakarta: Kemdikbud.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.7602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats