PERBANDINGAN METODE RPQ (READING, PRESENTATION, AND QUESTIONING) DAN ED (EXPERIMENT AND DISCUSSION) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI MAN 1 MAKASSAR. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Ahyudi Ahyudi, Andi Reski Amalia, Yunita Yunita

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan  pada hakikatnya adalah proses belajar mengajar yang dilakukan guru berlangsung optimal. Dalam pembelajaran fisika,  penerapan metode konvensional yaitu metode ceramah dalam proses belajar mengajar akan menyebabkan proses pembelajaran kurang melibatkan siswa. Oleh karena itu dalam pembelajaran fisika siswa lebih dituntut untuk mencari tahu tentang alam sekitar secara sistematis tidak cukup dengan menghafal akan tetapi harus memahami konsep-konsep pembelajaran, dan mampu memperoleh penguasaan lebih mendalam tentang alam sekitar. Sehingga dicoba solusi berupa penerapan metode yang mampu melibatkan siswa untuk meningkatkan proses interaksi dan memahami materi yang dipelajari melalui eksperimen secara langsung, dalam hal ini digunakan metode RPQ (Reading, presentation, Questioning) dan ED (Experimenting and Disscussion). Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode RPQ, pengaruh metode ED, dan perbedaan pegaruh metode RPQ dan ED  terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi exsperiment (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini dilakukan pengujuian  hipotesis dengan menggunakan uji t-test. Adpun data yang diperoleh,  dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa pretest dan postest untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa serta analisis N-Gain dengan Statistik Inferensial untuk peningkatan hasil belajar siswa berada pada kategori rendah.

Kata kunci: Metode RPQ, Metode ED, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardhy. 2015. Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran. (Online) Diakses di https://www.academia.edu Pada tanggal 26 Februari 2015 pukul 08.15 WITA.

Bahri, Aliem. 2014. Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia sd. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bandem Gede, dkk. 2014. vol. 4: 2. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. (Online). http://download.portalgaruda.org.Diakses Pada tanggal 19 Februari 2015 pukul 13.15 WITA.

Baso, Hasan Nasrun. 2014. Pembelajaran PPKn SD Kelas Rendah. Makassar: Universitas Muhammdiyah Makassar.

Faizah Hasnah, dkk. 2013. vol.8 : 9. Penerapan Teknik Presentasi Materi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Fonologi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Riau. (Online). Diakses di http://ejournal.unri.ac.id. Pada tanggal 26 Februari 2015 pukul 07.30.

Fauzan Bukhori, M.Arif. 2013. Pembelajaran Berbasisi Inkuiri untuk Optimalisasi Pemhaman Konsep Fisika pada Siswa di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah. Vol.4:1 & 2. (Online) diakses pada tanggal 20 Februari 2015 pukul 20.00 WITA.

Hernawan. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Model Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi. .(Online). http://hernawan.staf.upi.edu. /Pada tanggal 26 Februari 2015 pukul 07.05.

Ibrahim, R. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Isbiyantoro, Seno. 2015. Jenis-Jenis Penelitian Eksperimen. (Online). Diakses di www.academia.eduPada tanggal 6 Maret 2015 pukul 08.30 WITA

Kartika, Fenny. 2015. Pendekatan dan Metode Pembelajaran (Online). Diakses di www.academia.edu. pada tanggal 27 Februari 2015 pukul 14.12 WITA

Kutu. 2011. Definisi / Pengertian Membaca. .(Online). Diakses di http://duniabaca.com Pada tanggal 05 Maret 2015 pukul 12.55 WITA.

Maisaroh, Restrieningsih. 2010. vol. 8: 161. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negeri 1 Bogor .(Online). Diakses di jurnal.unimus.ac.id/Pada tanggal 4 Maret 2015 pukul 15.00 wita.

Mousir. 2013. Pengertian, Penggunaan, dan Prosedur Metode Eksperimen .(Online). Diakses di www.asikbelajar.com.Pada tanggal 27 Februari 2015 pukul 13.15 WITA

Munirah. 2014. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Saepudin Anang, Firdaus Muhammad. 2007. Laporan hasil penelitian tindakan kelas menggunakan metode presentasiuntuk meningkatkan keaktifan siswadalam proses pembelajaran PAIDI SMK-MJPS 1 tasikmalaya. (Online). Diakses di Https://www.scribd.com Pada tanggal 2 Maret 2015 pukul 10.45 WITA.

Setya. 2012. Macam-Macam Metode Pembelajaran. (Online). Diakses di http://eprints.ung.ac.id 3107. Pada tanggal 2 Maret 2015 pukul 11.00 WITA

Siti, Apipah. 2012. Pengertia Diskusi (Online). Diakses di http://edu.dzihni.com. Pada tanggal 3 Maret 2015 pukul 12.00 WITA.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Erlangga.

Wilis Ratna. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i2.742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats