PERAN PENGEMBANGAN JIWA ENTREPRENEURSHIP BERBASIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN PELAKU BISNIS DI STUDENT MALL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Andy Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan menganalisis Peran Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Berbasis Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Pelaku Bisnis di Student Mall Universitas Muhammadiyah Makassar; (2) untuk mengetahui dan menganalisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pelaku Bisnis di Student Mall Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) pengembangan jiwa entrepreneurship berbasis etika bisnis Islam memiliki peran dalam peningkatan pendapatan pelaku bisnis ke arah yang lebih berkah dan mensejahterakan sesuai dengan yang dicontohkan dalam jiwa entrepreneurship Rasulullah SAW; (2) etika bisnis Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. rata-rata telah dilaksanakan atau diterapkan oleh pelaku bisnis yang ada di student mall Universitas Muhammadiyah Makassar. Hal ini dapat terlihat dari jawaban-jawaban pelaku bisnis saat diwawancarai oleh peneliti dan juga dipertegas oleh pembeli atau konsumen yang pernah berbelanja di student mall Universitas Muhammadiyah Makassar.


Full Text:

PDF

References


BPS. 2015. Data Jumlah Penduduk. Badan Pusat Statistik. Retrieved from https://.bps.go.id. Diakses Tanggal 4 Mei 2020.

Fadhillah, N. 2015. Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Muslim yang Sukses.Jurnal Eksis. Vol. 10, No. 1: 83.

Humas Unismuh. 2020. Pengelola Student Mall Unismuh Makassar Silaturrahim Pimpinan Kampus dan Mahasiswa.http://www.unismuh.ac.id/berita/. Diakses pada tanggal 04 mei 2020.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Tahun 2017-2018. Jakarta: Kemenkop.

Nuranisa, Hj. 2018. Sistem Kewirausahaan Islam. IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman. Vol. 2, No. 1: 47.

Pusat Pengkajian danpengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII. 2008. Ekonomi Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i1.5484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats