STEERMAPS SEBAGAI SOLUSI PRAKTIS BAGI OJEK ONLINE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Muhajirin Makkawaru, Khaerul Bashar

Abstract


Transportasi merupakan salah satu bidang yang mengalami perkembangan yang
pesat.Sarana dan prasarana transportasi yang baik dapat memperlancar laju
mobilitas penduduk.Perkembangan teknologi yang semakin maju juga mengubah
transportasi menjadi lebih baik dengan dikembangkannya transportasi online dan
juga telah mengubah ojek menjadi transportasi online yang dapat diakses
menggunakan android.Salah satu masalah yang dihadapi oleh pengendara ojek
online adalah penggunaan handphone android saat melihat rute untuk mengantar
penumpang.Hal ini berbahaya karena jika pengendara tidak fokus maka dapat
mengalami kecelakaan di jalan akibat menggunakan handphone sambil
berkendara.Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mengadakan penelitian studi
kepustakaan atau penulisan pustaka (library research) menggunakan jenis
pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan literatur yang ada.Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan internet searching
dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.Steermaps adalah rancangan alat yang dibuat sebagai penunjuk arah
bagi ojek online.Alat ini praktis digunakan sehingga dapat menghindarkan driver
ojek online menggunakan handphone untuk melihat rute saat mengantar
penumpang. Alat navigasi steermaps bagi motor memiliki prinsip kerja yang
kurang lebih sama dengan prinsip kerja handphone android dan sistem kelistrikan
pada motor. Adapun manfaat utama dari steermaps adalah memudahkan ojek
online untuk melihat rute perjalanan untuk mengantar penumpang.

.

Kata Kunci: Ojek Online, Revolusi Industri 4.0 dan Steermaps


Full Text:

Untitled

References


Khafid, M. 2015. Strategi Bersaing dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Otobus PO Al Mubarok di Malang).Skripsi.Universitas Islam Negeri Malang. Malang.

Khasanah, dkk. 2019. Analisa Aspek Usability Terhadap Penerapan Teknologi Informasi di Bidang Transportasi (Gojek). Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi.Juli 2018: 1-7.

Kusuma.2018. Hotel Hygiene and Sanitation. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono, 2016.Memahami Penulisan Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penulisan Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Sukirno, dkk. 2018. Website Functionality, Consumer Relationship, Responsiveness, dan Fullfillment Ojek Online terhadap Customer Retension. Jurnal Administrasi Kantor 6(2): 103-112.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i1.5260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats