KAJIAN LITERASI KEWIRAUSAHAAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR BARU KABUPATEN BANTAENG

Nur Asni Aulia, Muhammad Hasan, Muhammad Dinar, Muhammad Ihsan Said Ahmad, Tuti Supatminingsih

Abstract


Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui keberlanjutan usaha pedagang pakaian di pasar Baru Kabupaten Bantaeng, dengan memfokuskan kajian pada tiga variabel yakni literasi kewirausahaan, literasi digital dan keberlanjutan usaha pada 3 responden sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung pada objek penelitian. Kemudian hasil penelitian di kaji dengan teknik pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diatas diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa literasi kewirausahaan dan literasi digital pedagang pakaian di pasar Baru Kabupaten Bantaeng, dapat dikategorikan cukup baik untuk mendukung perkembangan pedagang pakaian tersebut. Hal ini disebabkan para pedagang punya pemahaman terhadap usaha yang didirikan, tidak pernah lalai dalam melaksanakan kewajiban serta hal-hal yang dapat mengganggu keberadaan usaha tersebut. Sedangkan keberlanjutan usaha menunjukkan bahwa usaha pedagang pakaian di psar Baru Kabupaten Bantaeng dapat dikategorikan cukup baik, karena bisa berkembang dengan baik.

 

Keywords : Literasi Usaha, Literasi Digital, Keberlanjutan Usaha


Full Text:

PDF Remote PDF

References


Sukirno, Sadono. 1994. Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hindle, K. (2007). Teaching entrepreneurship at university: From the wrong building to the right philosophy. In P. Greene and M. Rice (Eds.), Entrepreneurship Education. Cheltenham UK, Edward Elgar Publishing: 135-158.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i1.5258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats