ANALISIS RESPONS PENAWARAN KOMODITAS KARET ALAM DI SULAWESI SELATAN

Andi Rika Nuralya

Abstract


Analisis Respons Penawaran Komoditas Karet Alam di Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi respons penawaran terhadap luas arealdan produktivitas karet alam di Sulawesi Selatan serta menganalisis elastisitas penawaran karet alam dalam jangka panjang dan jangka pendek. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan deret waktu (time series) selama 21 tahun (1997-2017), maka penelitian dilakukan dengan mengambil seluruh data yang berhubungan dengan respons penawaran karet berupa data tahunan (t). Penelitian ini menggunakan model distribusi beda kala (time lagged) dengan metode penyelesaian model Nerlove berupa persamaan tunggal regresi berganda. Metode analisis permasalahan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang signifikan mempengaruhi respons luas areal karet alam di Sulawesi Selatan adalah produktivitas tahun sebelumnya. Sedangkan, pada respons produktivitas karet alam di Sulawesi Selatan tidak ada satupun variabel yang signifikan. Respons penawaran karet alam terhadap harga karet alam dalam jangka pendek dan panjang bernilai yaitu 0,29 dan 0,49  menunjukkan nilai yang inelastis ( E < 1 ). Respons penawaran karet alam dalam jangka panjang lebih besar dibandingkan dengan  respons penawaran jangka pendek. Hal tersebut berpeluang untuk peningkatan luas areal dan produktivitas karet alam dalam jangka panjang lebih baik daripada peluang pada jangka pendek. Nilai tersebut diuraikan bahwa  setiap perubahan satu persen variabel independen dari masing-masing model respons akan terjadi perubahan pada variabel dependen berkurang satu persen. Kondisi ini menunjukkan bahwa petani kurang memberi respons atas perubahan harga.


Full Text:

PDF

References


Atika, S., dan Afifuddin, S. 2015. Analisis Prospek Ekspor Karet Indonesia ke Jepang. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 3(1).

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. 2019. Statistik Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Badan Pusat Statistik. 2019. Analisis Komoditas Ekspor 2012-2018, Sektor Pertanian, Industri, dan Pertambangan, Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Karet Indonesia 2018, Jakarta.

Boerhendhy, I., dan Amypalupy, K. 2016. Optimalisasi Produktivitas Karet Melalui Penggunaan Bahan Tanam, Pemeliharaan, Sistem Eksploitasi dan Peremajaan Tanaman. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 30(1), 23-30.

Claudia, G., Yulianto, E., dan Mawardi, M. K. 2016. Pengaruh Produksi Karet Alam Domestik, Harga Karet Alam Internasional, dan Nilai Tukar Terhadap Volume Ekspor Karet Alam (Studi pada Komoditi Karet Alam Indonesia Tahun 2010-2012). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 165-171.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI. 2020. Pembangunan Perkebunan 2019. Jakarta

Kementerian Pertanian RI. Indikator Luas Area dan Produksi Perkebunan Karet Nasional 2015-2018, Jakarta.

Setiawan, H. D dan Andoko, A. 2008. Petunjuk Lengkap Budidaya Karet. PT AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Sinclair, A. S., dan Bakce, D. 2015. Analisis Respon Penawaran dan Permintaan Karet Alam Indonesia. IJEA (Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia), 6(1), 29-38.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i1.5248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats