MODAL SOSIAL MASYARAKAT TURATEA (STUDI KASUS PETANI RUMPUT LAUT DI KELURAHAN PABIRINGA KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO)

Rezky Juniarsih Nur

Abstract


Tingkat kemiskinan di Sulsel terus meningkat. Masyarakat miskin kabupaten Jeneponto didominan oleh para petani, salah satunya petani rumput laut. Ketidakmampuan melepaskan diri dari kemiskinan menyebabkan sebagian besar masyarakat Jeneponto memilih untuk menjadi petani rumput laut. Budidaya rumput laut dalam perkembangannya menjadi bagian mata pencaharian utama oleh masyarakat pesisir Kelurahan Pabiringa. Sistem budidaya yang tidak terlalu membutuhkan keterampilan tinggi, dengan cepat dapat diadopsi. Oleh karena itu, karakteristik dari sistem budidaya rumput laut ini dapat pula melibatkan seluruh anggota keluarga baik laki-laki maupun perempuan dan anak-anak. Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi di kabupaten Jeneponto khususnya pada msayarakat petani rumput laut di kelurahan pabiringa maka diperlukan modal sosial. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode pedekatan studi kasus. Dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitan adalah masyarakat petani rumput laut dengan jumlah informan sebanyak enam orang. Fokus penelitian dilakukan dengan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan rumusan masalah. Peneliti melakukan pendalaman terhadap topik terlebih dahuluh dan melengkapi informasi terkait yang akan diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan oleh peneliti adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan untuk mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode, dan mengkategorikan data-data yang telah diperoleh dilapangan sehingga dapat diperoleh hasil temuan baru berdasarkan fokus dan permasalahan yang ingin dijawab. Berdasarkan hasil pengatamatan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya modal sosial yang dimiliki dan dikelola dengan baik dan merepakan dalam pekerjaan maka dapat membantu petani rumput laut untuk keluar dari garis kemiskinan.


Full Text:

PDF

References


A.Jeniwari Elvina. 2017. Modal Sosial Pada Kelompok Peternak Sapi Potong Di Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar . Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar.

Astuti, Sri Wahyudi. 2018. Jeneponto, dan Torut Jadi Daerah dengan Penduduk Miskin Terbesar di Sulsel. (Online). https://www.sulselsatu.com. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2019 Pukul 07.41 Wita.

Balady, Ashfin. 2018. Aktualisasi Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Komunitas (Studi Kasus Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Skripsi. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i2.4670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats