PENCARI SUAKA KOTA MAKASSAR: RESILIENSI DI TENGAH KRISIS DANA BANTUAN

Nisbayanti Nisbayanti, Siti Mutiara safitri Asnur

Abstract


Tingkat kemiskinan di Sulsel terus meningkat. Masyarakat miskin kabupaten  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi pencari suaka kota Makassar di tengah krisis dana bantuan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa alasan para pencari suaka melakukan imigrasi ke negara lain selain dari faktor keamanan negara juga karena adanya faktor masalah pribadi yang dialami oleh seorang individu sehingga memutuskan untuk meninggalkan negaranya. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan resiliensi pencari suaka kota Makassar masih kurang dilihat dari aspek-aspek pengaturan emosi, pengendalian dorongan, optimis, analisis penyebab dan akibat, empati, serta efikasi diri yang rendah. Selain itu juga ditemukan aspek resiliensi lain yakni aspek fleksibel. Sedangkan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi pencari suka kota Makassar cukup baik dilihat dari dukungan eksternal, dukungan internal, serta kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh saran khususnya bagi pemerintah, untuk mempercepat proses penanganan permasalahan para pencari suaka kota Makassar terkait pemberangkatan ke negara lain.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Wandi 2018, “Comprehensive Migration Governance: Upaya Pemerintah Kota Makassar dan International Organization for Migration untuk Mengatasi Masalah Pengungsi”.

Darmawan, O 2016, “Implementasi Norma Standard di Rumah Detensi Jakarta dalam Upaya Pencegahan Konflik antar Deteni”. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, vol 10, no 1, hal 71–86.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah 2017, Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, CV Jejak, Jawa Barat.

Lestari, Cangara, dan D 2015, “Pengungsi Dan Pencari Suaka Afganistan Dengan Masyarakata Lokal Di Kota Makassar: ( Suatu Analisis Efektivitas Komunikasi Antar Budaya )”. Jurnal Komunikasi KAREBA, vol 4, no 2, hal 101–115.

Lingga, W. P., N. Rinaju Purnomowulan, Muhamad Adji 2019, “Pembentukan identitas hibrid tokoh imigran dalam roman landnahme karya christoph hein”. Metahumaniora, vol 9, no 2, hal 179-194.

Miles, Matthew. B dan Huberman, A. Michael 2009, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, UI Press, Jakarta.

Pelangi, I 1999, “Perlindungan Terhadap Para Pencari Suaka Berdasarkan Undang- Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia”. Jurnal Ilmu Hukum, vol 4, no 1, hal 143–160. Iran di Kota Makassar” .for migration (IOM) dalam memenuhi kebutuhan deteni di rumah detensi imigrasi pusat tanjung pinang”. Universitas Katolik Prahyangan, Bandung.

Sugiyono 2014, Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta, Bandung.

UNHCR Indonesia. The UN Refugee Agency. https://www.unhcr.org/id/




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i2.4669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats