KANI (KAHOOT TANI) : MEDIA PEMBELAJAAN SUMBER DAYA GENETIK LOKAL YOYAKARTA BERBASIS DESAIN PERMAINAN KAHOOT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DIERA REVOLUSI 4.0

Muhammad Syamsuddin, Ahsanul Amal Almoravids, Kurnia Nur Lailah

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi potensi sumber daya genetik lokal yang sangat beragam. Sumber Daya Genetik (SDG) Lokal tanaman memiliki  arti  yang  sangat  penting  dalam  mendukung  pemenuhan  kebutuhan pangan   baik   secara   langsung   maupun   tidak   langsung.    Sejumlah   varietas komoditas tanaman telah dimanfaatkan secara intensif sebagai pangan, sejumlah species tanaman lainnya yang belum dimanfaatkan diketahui memiliki potensi dalam  mendukung  ekonomi.  Salah  satu  daerah  yang  memiliki  sumber  daya genetik lokal beragam adalah Yogyakarta. Miniminya pengetahuan masyarakat terkait  sumber daya  genetik  lokal  setiap  daerahnya  membuat  pemanfaat  pada sumber pertanian kurang efektif. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam mengenalkan Sumber Daya Genetik (SDG) sejak dini   melalui pendidikan khususnya bagi anak sekolah Dasar. Sehingga dibutuhkan media aplikatif yang mampu mengajak dan mengenalkan Sumber Daya Genetik (SDG) kepada anak-anak yaitu dengan Permainan Kahoot Tani (KANI) . Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi  Kahoot  Tani  adalah  ADDIE.  Tahapan  pertama  dilakukan  analisis mengenai kebutuhan dan studi literatur. Tahapan kedua dilakukan dengan desain aplikasi dengan menggunakan usecase. Tahapan ketiga yaitu implementasi pembangunan aplikasi berbasis androis. Sistem kerja dari ini adalah seperti permainan    di  smartphone,  yang menjelaskan  terkait  jenis  dari  Sumber Daya Genetik (SDG). Media ini sangat interaktif karena untuk anak-anak sekolah dasar karena gambar bergerak  akan  ditampilkan  secara Audio Visual. Teknologi Audio visual diharapkan menjadi media yang sangat interaktif untuk meningkatkan minat anak- anak untuk mempelajari Sumber Daya Genetik khsusnya daerah Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Mesy. 2020. Analisis Efektivitas Program Pemberdayaan Penyuluh Pertanian Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Padi Sawah Menurut Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Desa Tanjung Agung Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan ). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung.

Ni Luh P.R.D, Made Suyana Utama, Dan Ni Nyoman Yuliarmi. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Usaha Tani Dan Keberhasilan Program Simantri Di Kabupaten Klungkung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Vol.6 No.2. Hal. 702.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i2.4666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats