WASTE TREAT GARDEN UPAYA PEMANFAATAN IPOMOEA SP UNTUK MENGURANGI PENCEMARAN LIMBAH RUMAH TANGGA (GREYWATER) DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN YANG SEHAT

Murniati Murniati, Muhajirin Makkawaru

Abstract


Pokok permasalahan lingkungan sampai saat ini masih tentang pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan hidup dapat mengganggu kehidupan manusia karena terdapat bahan-bahan pencemar yang masuk ke dalam lingkungan. Hal tersebut menyebabkan lingkungan tidak berfungsi dengan baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi lingkungan adalah masalah pembuangan dan pengelolaan limbah. Tujuan dari karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengetahui konsep dan pengaruh dari Waste Treat Garden. Secara umum air limbah rumah tangga dapat dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu greywater dan blackwater. Greywater adalah limbah yang dihasilkan dari kegiatan sehari hari berupa air limbah nonkakus feses dan urin seperti air cucian yang berasal dari dapur, laundry, kamar mandi, dan lain lain. Sedangkan blackwater adalah air limbah yang berasal dari pembilasan toilet dan urin dengan pembilasan atau penyiraman yang dimana apabila  dibandingkan  dengan   greywater,  blacwater   lebih  tercemar  (Anggraini,2019).  Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian   studi   kepustakaan  (library research) menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Melalui pendekatan ini, peneliti berusaha menjelaskan secara mendalam mengenai konsep Waste Treat Garden dan pengaruhnya. Waste Treat Garden merupakan inovasi yang dibuat oleh peneliti agar dapat memanfaatkan tanaman Ipomoea sp sebagai tanaman yang dapat mengurangi dampak dari pembuangan limbah ke tanah. Pengaruh yang ditimbulkan konsep Waste Treat Garden terhadap lingkungan adalah Membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang di sebabkan oleh limbah greywater dan membantu melakukan penghijauan berskala rumahan.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, E, K. (2019). Strategi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang dalam Pengelolan Air Limbah Domestik. Jurnal.4(1): 65-81.

Askari,H. (2015). Perkembangan Pengolahan Air Limbah.Carbon (TOC).200 (135):1-10.

Dewi, F, dkk. (2015). Efisiensi Penyerapan Phospat Limbah Laundry Menggunakan Kangkung Air (Ipomoea aquatik forsk) dan Jeringau (Acorus calamus). Jurnal.4(1): 7-10.

Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal ilmiah Advokasi. 4(1) : 42-52.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup.(1997). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Peraturan Menteri Kementerian Negara Lingkungan Hidup Nomor 23/PERMEN PLH/1997.

Mubin, F. 2016. Perencanaan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik. Jurnal 4(3) : 211-220.

Mulyaningtias, 2018. Pencemaran Lingkungan Akibat Pembuangan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Jurnal 3(1): 66-74.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian (Cet. Kesembilan). Bogor: Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun.(2012).Tentang Pengelolaan Sampah Ruma Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 82 Tahun.(2001).Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Pujiastuti, P. (2016). Kajian Degradasi Kualitas Lingkungan Perairan Waduk sebagai Dasar Pengembangan Model Pengendalian Pencemaran (Kasus di DTA Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah). Tesis. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Radjab, dkk. (2017). Metodelogi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbit Universitas Muhammadiyah Makassar.

Siyoto, S. dan Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Siyoto, S., dan Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun (1997) Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun (2009).Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Yudo, S. (2018). Kondisi Kualitas Air Sungai Ciliwung di Wilayah DKI Jakarta Ditinjau Parameter Organik, Amoniak, Fosfat, Dterjen dan Bakteri Coli. Jurnal 6(1): 34-37.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i1.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats