DESIGN FLOW AUTOMATIC HYDROPONIC SYSTEM BASED ARDUINO UNO (D’FANICS EDO): SEBAGAI SISTEM PENGAIRAN TANAMAN HIDROPONIK OTOMATIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMK DALAM PENGHIJAUAN DI SEKOLAH
Abstract
Sekolah merupakan tempat dimana siswa menuntut ilmu. Sebagian besar waktu siswa dihabiskan dalam sekolah untuk melakukan proses pembelajaran. Lingkungan sekolah yang asri dan hijau dapat menjadi salah satu penunjang agar siswa merasa nyaman untuk berada di lingkungan sekolah. Namun pada kenyataannya, masih banyak sekolah yang belum asri. Penyebabnya adalah lahan yang kurang luas dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses penghijauan. Ada banyak cara untuk melakukan penghijauan sekolah, salah satunya adalah dengan turut berpartisipasinya siswa dalam melakukan penghijauan. Perlu adanya teknologi untuk mengefesiensikan penghijauan di sekolah. Namun dengan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan siswa dalam menguasai teknologi, mengakibatkan sulitnya penerapan teknologi dalam penghijauan. Khususnya di sekolah menengah kejuruan jurusan otomatisasi. Masih banyak siswa yang belum bisa mengoptimalisasi kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi. Perlu adanya pengaplikasian materi pembelajaran melalui praktek yang memberdayakan teknologi. Untuk itu kami membuat “Design Flow Automatic Hydroponic System Based Arduino Uno (D’FANICS EDO): Sebagai Sistem Pengairan Tanaman Hidroponik Otomatis untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMK dalam Penghijauan di Sekolah”. Desain ini diharapkan mampu menjadi salah satu sarana pengaplikasian materi pembelajaran sekaligus sebagai sarana untuk melakukan penghijauan di sekolah. D’FANCS EDO dirancang untuk mengatur pompa, LED grow light, sistem pemupukan dan penyiraman serta memberikan informasi suatu keadaan tanaman kepada pemilik hidroponik. Sehingga, tanaman dapat dengan mudah dikontrol dari jarak jauh dengan menggunakan sensor Arduino uno yang di pasang pada jalur perairan tanaman hidroponik sehingga teknologi ini cocok untuk diterapkan kepada siswa SMK dalam upaya penghijauan lingkungan sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Riduwan dana Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zuriah, Nurul. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori- Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v6i2.3234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats