EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLIYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT) PADA SISWA KELAS X SMAN 9 MAROS DALAM MEMBENTUK GENERASI UNGGUL DAN BERKARAKTER

SURYA DHARMA

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang diberikan pada semua jenjang pendidikan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. pembelajaran matematika siswa sangat di tuntun untuk terlibat secara aktif sehingga daya ingat siswa lebih baik. Dalam proses pembelajaran matematika yang baik guru juga harus mampu melibatkan  siswa secara aktif  sehingga  siswa  mampu memecahkan masalah yang ada. dibutuhkan suatu pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu cara yang ditempuh yaitu melalui model pembelajaran REACT. Model pembelajaran REACT permasalahan akan dikaitkan dengan masalahmasalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mengalami dan merasakan langsung dalam kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran REACT pada siswa kelas X SMAN 9 Maros. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pra-eksperimen dengan desain one grup pretest posttest serta variabel penelitian yaitu hasil belajar, aktivitas, dan respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran REACT pada siswa kelas X SMAN 9 Maros efektif, dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,79 dan ketuntasan klasikal ≥ 75%; aktivitas siswa yang baik dengan persentase  76%; serta respons siswa yang positif dengan persentase yaitu 91%. Potensi hasil dari penelitian ini memiliki kebermanfaatan khususnya dalam bidang pendidikan yaitu sebagai bahan masukan untuk guru dalam menerapkan model pembelajaran di kelas serta mampu meningkatkan pemahaman konsep, mendorong siswa untuk menyenangi matematika dan dapat berperan aktif dalam mengonstruksi sendiri pengetahuan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Jamaluddin. (2015). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Siswa Kelas VII.A SMPMuhammadiyah 6 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Maryati, Iyam. (2017). Integrasi NilaiNilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 3. Diakses pada 5 Juli 2018.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v6i1.2798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats