ANALISIS DAMPAK PULAU BUATAN TERHADAP EKOSISTEM LAUT KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Hasmawati Hasmawati, SAFITRI RAODA, HARDIANTI MURSALIM

Abstract


Pengembangan pulau buatan dari hasil reklamasi yang  penimbunan perairan air laut, menimbulkan dampak terhadap ekosistem laut yang  menyebabkan terumbu karang mengalami kerusakan serta menurunya ekosistem biota laut, yang tentunya  akan berdampak pada kehidupan masyarakat sekitarnya. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Dampak Pulau Buatan Terhadap Ekosistem Laut Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Adapun objek penelitian ini adalah Pulau buatan yang ada di Kabupaten Pangkejene dan Kepulauan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), penarikan kesimpualan (Conclusion Drawing/Verification). Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa : (1) Eksistensi   adalah sesuatu yang muncul, timbul, berada dan keadaan yang hidup atau menjadi nyata, dengan penekanan bahwa eksistensi adalah sesuatu yang  ada atau kesempurnaan. Eksistensi Pulau Camba-cambang sebagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang disingkat Pangkep, memiiki fasilitas yang memadai dan sebagai tempat untuk menikmati sunset. (2) Dampak Pulau Buatan Terhadap Ekosistem Laut Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, memiliki dampak terhadap ekosistem lautnya, yang mengakibatkan rusaknya terumbu karang sehingga biota laut berkurang serta penghasilan nelayan yang menurun akibat biota laut yang kehilangan tempat hidupnya.

Full Text:

PDF

References


Bidayani, Endang. (2014). Ekonomi Sumber Daya Pesisir yang Trecemar. Malang: universitas Brawijaya Press.

Kordy, K dan Ghufran, M. (2008). Budi Daya Perairan. Bandung: PT. Citra Aditya.

Marfai, Aris Muh. Rahayu, Esti dan Triyanti, Annisa. (2018). Peran Kearifan Lokal dan Modal

Pangkepkab.go.id. (Diakses pada sabtu, 12 mei 2018 pukul 21:45 Wita).

Puspasari, Reny, Sri Turni Hartati & Regi Fiji Anggawangsa. Analisis Dampak Reklamasi Terhadap Lingkungan dan Perikanan di Teluk Jakarta.Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia.ISSN: 1979-6366. Vol 9(2).(Diakses pada senin, 02 juli 2018 pukul 05: 12 Wita).

Sarastika, Tiara. Marfai, Aris Muh dan Trihatmoko, Edy. (2018). Kajian Daya Dukung dan Ekosisiem Pulau Kecil.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiarto, Eko. (2015). Proposal Penelitian Kualitatif Kuantitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v5i2.2580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats