ANALISIS IMPLEMENTASI DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI SULAWESI SELATAN

MUHAMMAD YUSIN, ISNA JUMARDI, INDRA SATRIANI

Abstract


Alokasi Dana Desa sangat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta meningkatkan perekonomian untuk segala kebutuh kinerja pemerintah dalam mengaplikasikan Dana Desa sebagai penunjang dalam meningkatkan perekonomian serta pemberdayaan masyarakat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah imlementasi dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat desa Sulawesi selatan. Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembagunan sumber daya manusia/masyarakat dalam bentuk upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat. Metode  analisis  yang digunakan adalah metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat seperti BUMDes, Kelompok Tani, Pasar, Industri Rumah Tangga, Peningkatan Sarana Prasarana Kesehatan, Meningkatkan Pendidikan Masyarakat. Bentuk programnya berupa pelatihan, pemodalan/permodalan, bantuan alat produksi, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, promosi,dan penyuluhan program kesehatan dan masih banyak lagi. Manfaatnya masyarakat lebih baik dalam perekonomianya, kesehatan. Dari program pemerintah mengenai trasparansi dalam pengelolaan dananya masih perlu di benahi.

Full Text:

PDF

References


Andini, Ully Hikmah, Soedy, Mochamad Saleh, dan Hayat, Ainul, (2014). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal (Studi di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2,No. 12, Hal. 8.

Julia. (2018). Orientasi Estetik Gaya Piringan Kacapi Indung Dalam Kesenian Tembang Sunda Cianjuran di Jawa Barat, Sumedang: UPI Sumedang Press.

Mimin, Yatminiwati, (2018). Analisis Perencanaan Dan Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa (Studi pada Kantor Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang),Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak,Vol. 2, No. 1, Hal. 50.

Saheb, Slamet Yulius dan Zuber, Ahmad. (2013). Peranan Modal Sosial Bagi Petani Miskin untuk Mempertahankan Kelangsungan Hidup Rumah Tangga di Pedesaan Ngawi (Studi Kasus di Desa Randusongo Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur), Jurnal Analisa Sosiologi, Vol. 2, No. 1, Hal. 24

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v5i2.2349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats