GENERASI BERKARAKTER DENGAN MOCITA (MONOPOLI CINTA TANAH AIR) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN KARAKTER PADA DIRI ANAK SEKOLAH DASAR

Reski Dian Utami, Ira Novia Sari, Sri Melindayani

Abstract


Karakter cinta tanah air anak mulai menurun, terbukti dari rasa kecintaannya yang lebih tinggi terhadap orang yang diidolakannya daripada mengenal dan mempelajari para pahlawan yang banyak berjasa bagi bangsa dan negara. Karakter cinta tanah air perlu ditanamkan dalam diri anak melalui proses pembelajaran yang menyenangkan berupa permainan. Hal ini sesuai dengan pendapat Agus Hariyanto (Zahro, 2015:3), yang menyatakan bahwa anak usia SD menyukai kegiatan yang menyenangkan, penuh keceriaan dan sarat dengan nilai-nilai permainan. Karena itu, dalam proses pembelajaran perlu adanya pengembangan media permainan sebagai media pembelajaran. Permainan monopoli merupakan salah satu permaianan yang dapat dimodifikasi menjadi media pembelajaran untuk mengenal para pahlawan. Tujuan penelitian ini adalah agar para peserta didik dapat mengetahui pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa dan negara melalui media MOCITA (Monopoli Cinta Tanah Air). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pustaka dengan objek sasaran anak sekolah dasar. Mocita adalah permainan monopoli yang berfungsi untuk memperkenalkan pahlawan dan juga bentuk perjuangannya kepada peserta didik. MOCITA ini akan diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya pada pokok bahasan cinta tanah air di awal dan akhir pembelajaran. Manfaat penerapan MOCITA ini adalah memperkenalkan pahlawan, meningkatkan interaksi sosial, rasa ingin tahu yang tinggi, bermain dan belajar, mengajarkan pelajaran hidup, kemampuan pemecahan masalah dan juga mengatasi kesulitan belajar. Penerapan MOCITA ini juga akan sangat membantu para anak sekolah dasar dalam mengenal pahlawan beserta bentuk perjuangannya.

 

Kata Kunci : MOCITA (Monopoli Cinta Tanah Air), Pendidikan Karakter, Pahlawan


Full Text:

PDF

References


Panolih, K. P & Suwardiman. (2015, Agustus 25). Televisi Sumber Utama Hiburan Keluarga. baranews.co. Diakses dari http://m.baranews.co.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats