MANAJEMEN KEUANGAN DANA DESA MENUJU DESA MANDIRI (STUDI KASUS DESA KALUKUBODO DAN DESA POPO, KECAMATAN GALESONG SELATAN, KABUPATEN TAKALAR)

Lisa Lisa, Itmal Itmal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen keuangan Dana Desa di Desa Kalukubodo dan Desa Popo, dan mengetahui kendala dalam manajemen keuangan Dana Desa di Desa Kalukubodo dan Desa Popo Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data kualitatif melalui wawancara pada aparat desa meliputi kepala desa, sekretaris desa dan bendahara desa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan fakta-fakta yang ada. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Manajemen keuangan Dana Desa (DD) di Desa Kalukubodo telah sesuai dengan  prinsip desa mandiri dengan program pembangunan yang menempatkan desa sebagai sasaran dan tujuan, sekaligus indikator dari program dan kegiatan pembangunan. Seperti halnya di Desa Kalukubodo,manajemen keuangan Dana Desa (DD) di Desa Popo juga diperuntukkan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur namun manajemen keuangan Dana Desa di Desa Popo belum sesuai dengan Prinsip Desa Mandiri dan Laporan Pertanggungjawaban yang dibuat setiap akhir triwulan belum terlalu optimal. Adapun kendala dalam manajemen keuangan Dana Desa (DD) di Desa Kalukubodo dan Desa Popo yaitu kurangnya pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) menyebabkan terlambatnya pelaporan dari aparat desa sehingga Laporan Pertanggungjawaban belum akurat dan sistem laporan keuangan yang berbeda setiap tahunnya.

 

Kata Kunci : Dana Desa, Desa Mandiri, Manajemen Keuangan


Full Text:

PDF

References


Kumalasari, D., dan Riharjo, I.B. (2016). Transparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5 (11). Diakses dari https://ejournal.stiesia. ac.id.

Kurrohman, D. (2017). Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Kabupaten Jember. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 2 (3). Diakses dari http://ejournal.upi.edu.

Riyani, N., dan Sumardjoko, B. (2016). Analisis Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus di Desa Singopuran Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses dari http://eprints.ums. ac.id.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats