ANALISIS TINGKAT PARTISIPASI PEREMPUAN TERHADAP INDUSTRI KREATIF DI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

Sri Wulandari, Nur Azmi, Patmisari Patmisari, Yusriah Nurmalasari

Abstract


Perekonomian industri kreatif memberikan sumbangsi yang tinggi terhadap perekonomian suatu negara. Perekonomian industri kreatif sudah mulai berkembang dengan baik di Indonesia, termasuk di kota Makassar kecamatan Panakukang. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh tanah indie Makassar yang bekerja sama dengan British Council bahwa  kecamatan Panakukang terdapat heterogenitas cukup tinggi yang menjadi faktor berkembang pesatnya  industri kreatif di daerah kecamatan Panakukang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat partisipasi perempuan terhadap industri kreatif di kecamatan Panakukang dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian  pendekatan kuantitatif yaitu jenis penelitian dengan mengumpulkan data berupa angka. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di kota Makassar kecamatan Panakkukang yang berlangsung selama enam hari terhitung di mulai pada tanggal 14-19 Juni 2017. Jenis data yang digunakan terdiri  atas dua yaitu data primer dan data sekunder, serta sumber data yang digunakan adalah sumber data yang diperoleh berupa perempuan yang berdomisili di kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Hasil interpretasi menunjukkan 59,5% responden bergelut dalam bidang industri kreatif dan 54,5% reponden menjadikan industri kreatif sebagai pekerjaan utama. Dari hasil penelitian ini  diharapkan kedepannya perempuan dapat mewujudkan kreativitas yang dimilikinya ke dalam industri kreatif dan dapat membuktikan bahwa perempuan juga dapat berperan dalam mewujudkan perbaikan ekonomi keluarga sampai pada ekonomi negara.

 

Kata Kunci : Industri Kreatif, Partisipasi, Perempuan


Full Text:

PDF

References


Barlian, dkk. (2012). Pengelolaan Oleh Pengusaha Perempuan pada Beberapa Bisnis Kreatif di Bandung. (Skripsi, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, 2012). Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/12627-ID-pengelolaan-keuangan-oleh-pengusaha-perempuan-pada-beberapa-bisnis-kreatif-di-ba.pdf.

Firmansyah. (2016, November 2). Kondisi Perekonomian Indonesia 2017 Mengejutkan. Kompas Online. Diakses dari https://ekonomi.kompas.com/.

Hapsari, A. (2016). Ekonomi Kreatif Libatkan Peran Perempuan. Suara Merdeka. Diakses dari http://berita.suaramerdeka. com.

Iryanti, R. (2015, Juli 1). Tingkat Partisipasi Perempuan Harus Ditingkatkan. Jurnal Perempuan. Diakses dari http://www.jurnalperempuan.org.

Martono, N.. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisi Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats