EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 11 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain penelitian One Pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebanyak 33 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada saat pembelajaran berlangsung serta angket respons siswa untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan model koperatif tipe Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor rata-rata tes awal (pretest) hasil belajar matematika siswa adalah 33,00 dan berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 11,26 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 26 dan skor tertinggi 64 dari skor ideal 100. (2) Skor rata-rata tes akhir (posttest) hasil belajar matematika siswa adalah 84,36 dengan standar deviasi 9,69 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 67 dan skor tertinggi 100 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 30 siswa atau 90,90% telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai. (3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dimana nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,74 dan umumnya berada pada kategori tinggi. (4) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yaitu 75,32% dan sudah memenuhi indikator. (5) Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yaitu 3,82 dan ini berada pada kategori terlaksana sangat baik. (6) Angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match cenderung positif yaitu 87%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Makassar.
Kata Kunci : Efektivitas, Kooperatif Tipe Make a Match, Pembelajaran Kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Emzir. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats