Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa pada Siswa Kelas X 4 SMA Negeri 4 Maros
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peneningkatan hasil belajar Informatika dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 4 Maros. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penilaian Tindakan Kelas (PTK), suatu pendekatan di mana guru aktif terlibat dalam penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas. Tujuan utama dari PTK adalah meningkatkan pencapaian belajar siswa. Dalam konteks PTK, guru mengatur kondisi pembelajaran dan mengambil pembelajaran dari pengalaman pribadinya. Mereka juga mencoba ide-ide perbaikan dalam praktik pembelajaran mereka dan mengamati dampak nyata dari upaya tersebut. Peneliti melibatkan satu kelompok dalam penelitian ini dengan menerapkan desain penelitian yang mencakup tahap pretest sebelum pemberian perlakuan, dan dilanjutkan dengan posttest untuk mengevaluasi hasil setelah perlakuan diberikan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan sebesar 26,51% poin dalam perbandingan nilai rerata pretest (57,55%) yang tidak menggunakan metode project based learning dengan rerata posttest (84,06%) yang menggunakan metode project based learning.
Full Text:
PDFReferences
Akib, Irwan. 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Anggraini, P, D., Wulandari, S, S. 2021. Analisis Penggunaan
Model Pembelajaran Project
Based Learning Dalam
Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), (Online), Vol. 9, No. 2,
(https://journal.unesa.ac.id/index. php/jpap/article/view/9902, diakses pada 30 Oktober 2023)
Erdi, P, N., Padwa, T, R. 2021.
Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), (Online), Vol. 1, No. 1,
(http://javit.ppj.unp.ac.id/index.p hp/javit/article/view/13, diakses pada 30 Oktober 2023)
Ginting, E. V., Syahputra, M. F., Hafika, P. O., Sinaga, R. A., Yani,
Z. P., & Perangin Angin, L. M. (2023). Teacher’s Strategies in Improving Students’ Reading Interest in Class III A Students at SD Negeri 105268 Telaga Sari, Kutalimbaru District, Academic Year 2022/2023. Journal of Educational Analytics, 2(2), 319– 332. https://doi.org/10.55927/jeda.v2i 2.4425
Melinda, V. ., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2),
–1539.
https://doi.org/10.31004/jptam.v4 i2.618
Nasir, N., & Galung, E. A. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Gnomio Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi
Digital, 1(2), 130–138.
https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2
20
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v3i4.262
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria,
Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu
.v5i1.684
Sereliciouz. (2021). Model Pembelajaran Project Based Learning, Tujuan, Sintak, dan Contohnya. https://www.quipper.com/id/blog
/info-guru/project-based- learning/, diakses 04 Desember 2023.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan
Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v5i4.1068
Wikipedia. (2023). Informatika. https://id.wikipedia.org/wiki/Info rmatika, diakses 04 Desember 2023.
Yani, L, I., Taufik, T. 2020. Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, (Online), Vol. 8, No. 9, (https://ejournal.unp.ac.id/student s/index.php/pgsd/article/view/10 436, diakses pada 28 Oktober
Yudhistira, R., Rifaldi, A, M, R., Satriya, A, W, J. 2020. Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern.
disajikan dalam seminar
Prosiding Samasta Seminar
Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.
Zakky. (2020). Pengertian Hasil Belajar, Defenisi, Fungsi, Tujuan, Faktor (Lengkap). https://www.zonareferensi.com/ pengertian-hasil-belajar/, diakses 04 Desember 2023.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i2.15934
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats